Jumat, 16 Desember 2016

Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi Dari Aceh Sampai Papua

Judul
:
Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi Dari Aceh Sampai Papua
Penulis
:
Yustitia Angelia
Penerbit
:
Lingkar Media
Tahun Cetak
:
-
Halaman
:
128
ISBN
:
979-602-365-011-8
Harga
:
Rp. 20.000
Status
:
Kosong

Indonesia kaya akan sastra peninggalan nenek moyang terdahulu, sebagai cerita pengantar tidur dan pembelajaran hikmah akan kehidupan lewat cerita atau dongeng. Setiap daerah mempunyai latar belakang sebuah cerita lagenda ataupun mitos yang begitu melekat sekali di kalangan masyarakat, sehingga samapi turun temurun pun serita itu masih melekat, bahkan ada pula yang dibumbui cerita yang disesuaikan dengan perkembangan jaman, dengan tidak melenceng dari inti cerita itu sendiri.

Nusantara kita mempunyai banyak sekali cerita rakyat yang telah melagenda baik dari Ujung Kulon maupun Merauke, dari Aceh sampai Papua. Semisal cerita lagenda Malin Kundang cerita seorang anak yang durhaka pada orang tuanya, sehingga dikutuk menjadi sebongkah batu, adalagi cerita Suri Ikun dari Nusa Tenggara Timur, seorang anak laki-laki yang oleh saudara-saudara laki-laki yang lainnya dibenci seumpama kisah Nabi Yusuf, dan masih banyak lagi.

Cerita rakyat memberikan banyak inspirasi dan motivasi kepada kita yang masih muda  untuk bisa mengambil sisi baik dan mengambil hikmah dari sisi buruknya, tidak ada salahnya bila kita banyak belajar kisah dan cerita rakyat, supaya bertambah wawasan kita.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...