Rabu, 15 November 2017

Frans Seda Simfoni Tanpa Henti Ekonomi Politik Masyarakat Baru Indonesia

Judul
:
Frans Seda Simfoni Tanpa Henti Ekonomi Politik Masyarakat Baru Indonesia
Penyunting
:
Daniel Dhakidae, K. Bertens & Frans M. Parera
Penerbit
:
Yayasan Atma Jaya & PT. Grasindo
Tahun Cetak
:
1992
Halaman
:
588
ISBN
:
979-553-079-1
Harga
:
Rp. 100.000
Status
:
Ada

Terdapat kecendrungan kuat dalam masyarakat terpelajar sekarang yang menganggap ilmu ekonomi modern merupakan salah satu bidang penerapan matematika modern dalam kegiatan tukar-menukar kebutuhan. Namun pada hakikatnya dan dari asal mulanya, ilmu ekonomi itu merupakan cabang dari ilmu-ilmu kemasyarakatan (sosiologi), karena gejala besar yang diperhatikan adalah upaya-upaya suatu masyarakat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraannya sebagai langkah besar mewujudkan masyarakat baru yang lebih manusiawi.

Dimensi politik ekonomi masyarakat Indonesia baru menjadi fokus utama pergumulan pemikiran Frans Seda yang mewarnai bobot tulisannya selama tiga puluh lima tahun (1956-1991). Salah satu pesan utama yang menjadi keyakinan dan obsesi dari cendekiawan dan pemikir masalah politik ekonomi ini adalah bahwa orde perekonomian baru yang ingin dibangun berlandaskan semangat kemerdekaan nasional akan tercapai jika hambatan struktural dari feodalisme dan kapitalisme masyarakat lama disingkirkan. Oleh karena itu, dibutuhkan kemauan pembaruan politik yang menopang tumbuhnya nilai solidaritas bangsa namun tetap memberi ruang gerak kebebasan pribadi dalam mengembangkan dirinya, terutama rakyat kecil yang masih terbelenggu dalam kemiskinan struktural seperti kini tampak dalam masyarakat Indonesia Bagian Timur. Dengan kata lain, kegiatan ekonomi dari perspektif politik ekonomi sekaligus merupakan dorongan pembaruan masyarakat ke arah proses demokratisasi dalam mewujudkan keadilan sosial.

Buku ini merupakan dokumen penting pemikiran politik ekonomi modern dalam upaya mengantisipasi tantangan-tantangan baru abad XXI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...