Senin, 27 November 2017

Paradigma Misi Kesejahteraan Islam & Kristen

Judul
:
Paradigma Misi Kesejahteraan Islam & Kristen
Penulis
:
Dr. Bertolomeus Bolong, OCD
Penerbit
:
San Juan
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
206
ISBN
:
978-979-99932-8-1
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Kosong

Kaum miskin adalah orang-orang yang dimarginalkan, suara mereka tidak didengar, hak-hak mereka diabaikan. Dalam kehidupan masyarakat mereka selalu dianggap sebagai beban sosial.

Salah satu tujuan misi dan dakwah keagamaan adalah membebaskan orang-orang miskin dan tertindas. Untuk mewujudkan hal tersebut, institusi agama telah berupaya dengan berbagai cara agar orang miskin dapat menikmati kesejahteraan. Namun usaha itu belum memberikan hasil yang memuaskan. Orang miskin tetap hidup dalam kemiskinan.

Buku ini menawarkan paradigma baru keberpihakan kepada kaum miskin dengan bercermin pada misi dan dakwah keagamaan Islam dan Katolik. Pemikiran-pemikiran yang diuraikan dalam buku ini mambantu membuka cakrawala berpikir siapapun yang peduli dengan kaum miskin.

“Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin dan membinasakan orang yang sengsara di negeri ini dan berpikir: ‘Bilakah bulan baru berlalu supaya kita boleh menjual gandum dan bilkah sabat berlalu supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu, supaya kita membeli orang lemah dengan uang dan orang miskni karena sepasang kasut; dan menjual terigu rongsokan” (Amos 8: 4-6)

“bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaekat-malaekat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta, dan memerdekakan hamba sahaya, mendirikan sholat, dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (Q. S. 2: 177) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...