Minggu, 26 November 2017

Perspektif Pembangunan Dinamika dan Tantangan Pembangunan Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Perspektif Pembangunan Dinamika dan Tantangan Pembangunan Nusa Tenggara Timur
Penyunting
:
Dr. Alo Liliweri, M. S. & P. Drs. Gregor Neonbasu, SVD
Penerbit
:
Yayasan Citra Insan Pembaru
Tahun Cetak
:
1994
Halaman
:
309
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 100.000
Status
:
Kosong

Para pemimpin mempunyai peranan dalam menciptakan suatu pemikiran yang membentuk masyarakat untuk berpikir positif. Hanya dengan berpikir positif kita akan berbuat positif dan melahirkan karya-karya positif. Apapun yang kita kerjakan untuk membangun NTT hendaklah berpusat pada peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, SDM NTT yang “kaya arti” dan sama-sama kita dambakan. SDM merupakan lokomotif atau motor penggerak untuk menarik program-program lainnya dalam kerangka Tujuh Program Strategis Pembangunan NTT. Program Strategis tersebut memerlukan suatu penanganan melalui pendekatan yang menyeluruh dan terpadu dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Pendekatan sektoral harus mulai diganti dengan pendekatan komphrehensif integral.

Buku ini diawali dengan sebuah tulisan untuk mengenal kekuatan maupun kekurangan diri sendiri, bahwa kita merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari ratusan subetnik atau suku di NTT. Kemajemukan, bisa berdampak positif berupa kekayaan budaya bangsa, juga bisa berdampak negatif misalnya sikap berprasangka antaretnik. Prasangka berakibat saling menutup diri, kurang empati, cenderung berpikir negatif, kurang memberikan dukungan dan kurang memelihara keseimbangan antaretnik. Diperlukan penggalian kembali dan pengembangn nilai-nilai positif dari pelbagai aliansi tradisional yang telah lama tumbuh dalam masyarakat kita. Kita perlu menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia dengan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa… yang berdiam di NTT atau bumi Flobamora tercinta.

Buku ini merupakan persembahan Yayasan Citra Insan Pembaru untuk pemerintah dan masyarakat NTT yang merayakan HUT ke-36 Provinsi NTT, 20 Desember 1994. Yayasan Citra Insan Pembaru yang berpusat di Kupang bergerak dalam bidang usaha peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia. Cita-citanya melahirkan manusia-manusia baru NTT, manusia yang selalu terus konsisten berpikir positif untuk bangsanya. Salah satu bentuk usaha yayasan ini ialah menyebarkan gagasan-gagasan positif untuk membangun manusia baru NTT. Melalui 15 karya tulis dan dua buah puisi, para penulisnya berusaha dengan cara-caranya sendiri membangun perhatian kita tentang masa depan NTT, karena mereka hidup dan berkarya di NTT serta mencintai NTT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...