Selasa, 14 November 2017

Program IDT dan Perekonomian Rakyat Gugus Nusa Tenggara

Judul
:
Program IDT dan Perekonomian Rakyat Gugus Nusa Tenggara
Penyunting
:
Mubyarto & Retno Budiyanto
Penerbit
:
Yayasan Agro Ekonomika & Pemda Bali, NTB, NTT dan Timor Timur
Tahun Cetak
:
1997
Halaman
:
319
ISBN
:
979-539-079-1
Harga
:
Rp. 85.000
Status
:
Ada

Buku ini memuat hasil semiloka nasional program IDT Gugus Nusa Tenggara yang diselenggarakan pada 26-28 November 1996 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Berbagai tulisan dalam buku ini mengungkapkan uraian-uraian dan pemikiran-pemikiran serius mengenai ekonomi rakyat, kendala-kendala pengembangannya dan bagaimana prospeknya di masa datang. Contohnya, pada Bagian B, Bab Ke-12 seorang penulis mencatat:

“Dalam konteks ekonomi makro Indonesia, konglomerat atau pengusaha besar swasta bisa tidak termasuk rakyat. Mereka adalah pusat pertumbuhan yang melaju ‘super cepat’ sehingga membentuk kelompok tersendiri….. Tetapi rakyat kecil adalah bagian dari sistem perekonomian nasional yang perlu diperhatikan untuk menjadi pusat pemerataan karena ketertinggalan mereka.”

Kiranya buku ini layak dikaji oleh kalangan yang lebih luas sebagai wacana untuk memantapkan konsep ekonomi rakyat sebagai ruh yang dengannya Program IDT menemukan elan vitalnya. Tanpa pemahaman yang cukup terhadap konsep ekonomi rakyat, banyak pihak merasa khawatir bahwa program-program pengentasan kemiskinan ibarat menanam benih di lahan kering.

Program IDT dilaksanakan sejak 1994. Dampak positifnya telah dirasakan pada perekonomian rakyat di Gugus Nusa Tenggara. Laporan-laporan yang disemilokakan ini sangat penting sebagai ajang tukar pikiran di antara masyarakat luas, baik pejabat maupun ilmuan, terutama yang mempunyai kepedulian besar atas perkembangan perekonomian rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...