Selasa, 05 Desember 2017

15 Tahun Pos Kupang Suara Nusa Tenggara Timur

Judul
:
15 Tahun Pos Kupang Suara Nusa Tenggara Timur
Editor
:
Tony Kleden, Maria Matildis Banda & Dion DB Putra
Penerbit
:
PT. Timor Media Grafika
Tahun Cetak
:
2007
Halaman
:
354
ISBN
:
978-979-17097-0-5
Harga
:
Rp. 90.000
Status
:
Kosong

Tanggal 1 Desember 2007, Harian Umum Pos Kupang genap 15 tahun meniti titian perjalanannya. Bagi suatu institusi pers, tenggang waktu 15 tahun itu rasanya masih terlalu belia, pengalamannya belum banyak. Dan, keunggulannya masih agak sulit diukur.

Meski demikian Pos Kupang telah memenangkan sejarah ketika dia tampil sebagai harian pertama yang terbit di NTT. Karena itu bukan berlebihan kalau dikatakan bahwa dalam jagat pers NTT, Pos Kupang telah menjadi sebuah legenda. Legenda itu semakin penting disebut mengigat begitu banyak dan beragamnya kesulitan dalam merintis sebuiah harian di NTT.

Dalam lima belas tahun usianya, dengan sisi lebih dan kurangnya, Pos Kupang sudah banyak menorehkan sejarah, membukukan banyak prestasi dan sebaliknya juga mencatat aneka kekurangan. Dalam lima belas tahun usianya, Pos Kupang telah menjadi Socius, sahabat yang secara rutin mengunjungi pembacanya. Dia melaporkan banyak hal. Mulai dari kesenjangan sosial hingga sukses pertumbuhan. Ia ikut mencari jalan keluar, bukan sekedar mengecam dan mengkritik. Ia berperan menyampaikan fakta dan opini kepada masyarakat. Ia menjadi istrumen perluasan cakrawala, dinamisasi, dan daya kritik masyarakat.

Diantara untaian sejarahnya, di sekeliling prestasinya dan di antara reruntuhan kekurangannya, Pos Kupang telah turut dibangun, diberi pijakan, diberi warna dan diangkat pamornya oleh begitu banyak orang. Dari para awaknya, para agen dan loper koran, dari para pembaca, hingga para penulis artikel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...