Senin, 04 Desember 2017

Sejarah Gereja Katolik Pulau Timor dan Sekitarnya: Tahun 1556-2013

Judul
:
Sejarah Gereja Katolik Pulau Timor dan Sekitarnya: Tahun 1556-2013
Penyunting
:
Ladis Naisaban                                                           
Penerbit
:
Lapopp Press
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
407
ISBN
:
978-602-18146-5-9
Harga
:
Rp. 115.000
Status
:
Ada

Herbert Butterfield, seorang ahli sejarah berkebangsaan Inggris pernah berkata: lebih dari segala-galanya, kekuatan ingatan historislah yang telah mampu mengikatkan orang Israel bersama sebagai suatu bangsa. Pernyataan ini memiliki makna bahwa sejarah itu bukanlah suatu peristiwa masa lalu semata, bukan pula suatu memori untuk sekedar dilihat di saat-saat tertentu, tetapi adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan itu sendiri. Dia mengikat ketiga patahan waktu masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Ikatan itu semakin kental dan kuat ketika Yahwe yang mereka imani berperan penting menentukan arah kehidupan mereka. Kepercayaan ini yang membuat orang Israel yakin bahwa mereka itu satu bersama Yahwe sejak awal, di saat sekarang dan akan tetap satu di masa yang akan datang.

Demikian juga sejarah Gereja Katolik Pulau Timor, bukanlah sekedar menelusuri ketiga patahan waktu yang ada, atau sekedar menulis kembali setiap peristiwa yang terjadi, tetapi adalah sejarah keselamatan Allah sendiri yang dibawa oleh para nabi modern yaitu para misionaris mulai dari Imam-imam Dominikan, OFM, Salib Suci, Imam-imam Projo Belanda, Yesuit, dan SVD. Allah sendiri yang mengutus para nabi modern itu untuk menyelamatkan umat Timor dari kekafiran, kebodohan, dan keterbelakangan hidup.

Keunikan buku ini bukan sekedar menulis kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah Gereja Katolik Timor tetapi juga membuka tabir asal usul orang Timor dan bagaimana perjumpaan budaya Timor dengan iman Kristiani. Isi buku ini bukan sekedar menambah wawasan anda tentang sejarah perjuangan para misionaris di Gereja Timor, tetapi lebih dari itu anda akan semakin yakin dan percaya bahwa Tuhan masih terus bekerja untuk menyelamatkan umat-Nya, lewat Gereja Timor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...