Kamis, 01 Februari 2018

Koda Makenen (Kamus Kiwan – Melayu)

Judul
:
Koda Makenen (Kamus Kiwan – Melayu)
Penulis
:
Lukas Lawa Taka dkk
Penerbit
:
Seni Suara, Tari dan Sastra Lamaholot
Tahun Cetak
:
2016
Halaman
:
100
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Kosong

Berawal dari keluhan beberapa anak cucu Lamaholot yang lahir di perantauan dan tak paham bahasa orangtuanya, maka grup medsos Seni Suara, Tari dan Sastra Lamaholot (SSTS) menayangkan beberapa postingan apa arti kata yang ditanyakan anak perantau tersebut. Bagaikan gayung bersambut, banyak sekali anggota grup yang ikut menyumbang pembendaharaan kata lalu pada gilirannya, timbullah ide untuk menerbitkan segala sumbangan pembedaharaan kata Lamaholot tersebut dalam sebuah kamus. Selanjutnya, kerinduan untuk berdiskusi begitu besarnya hingga hampir tak ada cukup waktu untuk saling berdialog. Diskusi di udara berlangsung penuh gegap gempita tawa ria mengenang masa kecil nan lucu, seru juga spektakuler di kampung halaman Lamaholot, proses pengerjaan naskahnya pun berlangsung dengan mulus, nyaris tak ada beda pendapat apalagi konflik.

Tawa ria dan suka cita itu jualah yang membawa pemikiran untuk menampilkan beberapa kisah komedi yang sering muncul di halaman grup SSTS dalam suplemen (tambahan) naskah ini. Kisah komedi ‘geka basa’ dengan tokoh seperti Kongkes (Kopong Kesin) dan Barkes (Barek Kesin) cs. Adalah dari kisah nyata anak cucu Lamaholot di masa lampau tentang sebuah ketidaktahuan (boleh dikatakan dengan ‘kebodohan’) di masa lampau, ketidaktahuan tersebut bukanlah menimbulkan kemarahan tapi kelucuan nan dasyat. 

2 komentar:

  1. Apakah buku ini masih tersedia?? Dan bagaimana carax agar buku ini bisa sayadapatkan. Apakah hubungi langsung dgn penulisx atw bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca di keterangan paling bawah blog ini

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...