Senin, 12 Februari 2018

Menguak Konspirasi Internasional di Timor Timur

Judul
:
Menguak Konspirasi Internasional di Timor Timur Sebuah Analisis Yuridis
Penulis
:
Suhardi Somomoeljono
Penerbit
:
Lembaga Studi Advokasi Independensi Peradilan Indonesia
Tahun Cetak
:
2001
Halaman
:
134
ISBN
:
979-9477-31-x
Harga
:
Rp. 100.000
Status
:
Ada


Menurut Hukum Internasional, apa yang dilakukan oleh kelompok Pro Integrasi di Timor Timur itu disebut sebagai provoked act of retaliation. Yakni tindakan pembalasan yang ditimbulkan oleh perbuatan yang bersifat provokasi dengan melawan hukum oleh kelompok Pro Kemerdekaan lebih dulu. Dan tindakan pembalasan seperti itu tidak dianggap melanggar hukum.

Banyak contoh kejadian mengenai provoked act retaliation tersebut. Antara lain:

1.    Di tahun 1942 setelah pihak Jepang menghancurkan ratusan kapal perang Amerika Serikat di Hawaii, maka Amerika membalasnya dengan menghancurkan apa saja milik Jepang. Kemudian mengumumkan perang hingga menggunakan bom atom yang membunuh jutaan manusia.
2.    Ketika Iran di jaman Ayatullah Khomeini menyandera 52 diplomat Amerika Serikat di Teheran, pihak Amerika membalasnya dengan berbagai bentuk penghancuran. Bahkan memblokir semua aset devisa Iran yang tersimpan di beberapa bank luar negeri.
3.    Sewaktu Irak menginvansi Kuwait, pihak PBB dengan pasukan multinasionalnya pun membalas provokasi Irak dengan menghancurkan apa saja yang melebihi proporsi sebagai tindakan pembalasan.
4.    Presiden Soekarno yang merasa diprovokasi oleh Inggris dengan dimerdekakannya negara Malaysia dan Singapura, menganggap perlu membalas dengan mengirim pasukan Baret Merah RPKAD untuk menyerbu Malaysia.

Pada semua kejadian provoked act of retaliation tersebut masyarakat dunia tidak bereaksi menentangnya. Dalam konteks peristiwa Timor Timur, di mana kelompok Pro Integrasi telah disakiti lebih dahulu maka jika tindak pembalasan mereka dipersoalkan jelas hal ini tidak sesuai dengan prinsip Hukum Internasional. (Prof. Boedi Harsono, SH, MA, MIL.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...