Senin, 19 Februari 2018

Romantika Kehidupan di Kota Dili

Judul
:
Romantika Kehidupan di Kota Dili
Penulis
:
Urbanus Bunga Lolon, SVD
Penerbit
:
-
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
207
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong


Sejak pasca kemerdekaan Timor Leste, Dili sebagai ibu kota negara menjadi bagian dari komunitas internasional. Kenyataan akan multikultural dan internasionalitas sungguh terasa di Kota Dili. Apalagi arus globalisasi sudah meruntuhkan batas geografis suatu negara lalu masuk ke dalam pola pikir baru, borderless world.

Di pihak lain, setiap ibu kota negara mempunyai kekuatan seperti magnet maha dasyat terhadap warga pribumi lalu di sana aspek urbanisasi tidak bisa dihindari. Dengan demikian Dili sebagai the capital city of East Timor sungguh memberikan inspirasi akan banyak hal yang bisa dirangkai dalam bentuk kata-kalimat dan menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca secara publik.

Romantika Kehidupan di Kota Dili adalah sebuah tulisan yang terkumpul dari ungkapan akan realitas yang terjadi di Kota Dili. Judul asli adalah Cidade Dili Iha Tempo Kalan yang merupakan sebuah tulisan bersambung setiap bulan selama tiga setengah tahun dengan ide-ide lepas yang dimuat dalam Timor Time Megazine, sebuah majalah bulanan di Dili. Memang Kota Dili di Malam Hari atau Dili by Night mempunyai romantisme tersendiri. Dili adalah satu kota aneka rasa tergantung dari situasi hati setiap orang yang mengalami dan merasakan lalu merumuskan semuanya dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh orang lain. Bagi penulis, Dili adalah kota yang sungguh inspiratif sehingga banyak hal yang bisa ditulis. Ada realitas yang bisa dibahasakan dengan kata dan kalimat lalu memberi pesan tersendiri. Ada hal yang hanya bisa dirasakan karena bahasa tidak bisa mewakili apa yang sungguh terjadi. Yah, Dili tetap Dili tapi cerita tentang Dili tidak akan habis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...