Selasa, 03 Juli 2018

Koda Kiwan, Kamus Bahasa Lamaholot Dialek Lewoléma, Flores Timur

Judul
:
Koda Kiwan, Kamus Bahasa Lamaholot Dialek Lewoléma, Flores Timur
Penulis
:
Karl-Heinz Pampus
Penerbit
:
Frobenius-Institut Frankfurt am Main
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
567
ISBN
:
3-9806506-4-2
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong


Bahasa Lamaholot yang oleh penutur aslinya disebut Koda Kiwan “bahasa pedalaman” merupakan bahasa ibu untuk kira-kira 400.000 penduduk di wilayah Flores Timur dan di pulau-pulao Solor, Adonara, Lembata dan dengan nama Bahasa Alor juga digunakan sebagai bahasa pengantar di bagian timur dan utara Pulau Pantar dan di daerah sekitar Kalabahi di Pulau Alor. Bahasa Lamaholot seluruhnya terbagi dalam paling kurang 35 dialek; yang dipilih oleh pengarang ialah dialek Lewoléma yang merupakan bahasa ibu penduduk-penduduk sekelompok lima desa di dekat pantai utara Flores Timur yang termasuk Kecamatan Tanjung Bunga. Kamus ini pertama-tama diterbit tahun 2001 sebagai karya perintis dalam perkamusan bahasa Lamaholot, berdasarkan penelitian lapangan di daerahnya (1994-1996). Setelah risetnya dapat diulangi (2001-2003), bukunya sementara ini masih banyak dapat disempurnakan dan dilengkapi, terutama dengan tambahan petunjuk fonologi yang banyak dan, lebih panting lagi buat para pemakai, dengan ikhtisar morfologi yang agak lengkap.

Sebab bahasa Lamaholot sampai kini terutama digunakan sebagai bahasa lisan saja dan belum mempunyai ejaan baku dalam tulisan, maka serentak dengan edisi kedua kamusnya diterbitkan sebuah Buku Bacaan Lamaholot (Reader) yang berdasarkan ortografi yang tidak banyak berbeda dengan ejaan resmi Indonesia (EYD) sehingga bisa gampang dimengerti dan diterapkan.

Dalam penyusunan kedua buku ini penulis terarah oleh yang dipikirkannya akan diperlukan sebagai bahan pelajaran dalam pengajaran bahasa daerah, dalam hal ini bahasa Lamaholot, sekarang dan di masa depan.


2 komentar:

  1. Mohon maaf mau tanya apakah skrng stok bukunya sudah ada?. Trima kasig

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...