Rabu, 17 Februari 2016

Polisi di Wilayah Konflik Challenge and Uncertainty


Judul
:
Polisi di Wilayah Konflik Challenge and Uncertainty
Penulis
:
Jacki Uly
Editor
:
Peter A. Rohi
Penerbit
:
Soekarno Institut
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
313
ISBN
:
978-602-14438-0-4
Harga
:
Rp. 55.000
Status
:
Ada


Menarik pengalaman penulis yang justru pertama kali menjadi Kepala Polisi Daerah (Kapolda) di Provinsi Takeo di Kamboja, serta di Distrik Sarajevo dan Distrik Vares di Bosnia. Provinsi Takeo yang berbatasan dengan Negara Vietnam ini dikenal sebagai wilayah yang paling banyak menjadi korban Khmer Merah. Sementara itu Sarajevo menjadi ingatan kolektif manusia modern karena disinilah pertama kalinya terjadi pembunuhan terhadap Hertog Ferdinand dari Austria yang memicu Perang Dunia I. Tugas berikut penulis adalah menjadi Kapolda di Distrik Vares, tempat terjadinya pembunuhan massal oleh Radovan Karadcik dkk, yang kini, ketika buku ini dibuat, tengah diadili di Mahkamah Internasional dengan tuduhan melakukan kejahatan kemanusiaan terhadap warga muslim Bosnia.

Penulis juga bertugas di wilayah Namibia dan Timor Leste ketika kedua wilayah itu sedang berjuang memisahkan diri menjadi merdeka. Pengalaman-pengalaman itu sungguh dramatis dan mengesankan. Uniknya penulis menjadi kapolda di luar negeri justru sebelum ia dipercayakan menjabat jabatan itu di dalam negeri.

Buku ini tidak saja bermanfaat bagi prajurit, bintara dan perwira Bhayangkara, tetapi juga bagi semua anak bangsa yang cinta tanah air, bisa menimba yang terbaik dari isi buku ini. Sebagai suplemen terdapat catatan tentang Manusia Sabu dan Bas Wie, The Kupang Kid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...