Rabu, 09 Maret 2016

Ragi Carita 2


Judul
:
Ragi Carita 2, Sejarah Gereja di Indonesia Tahun 1860-an – Sekarang
Penulis
:
Dr. Th. Van den End & Dr. J. Weitjens, SJ
Penerbit
:
PT. BPK Gunung Mulia
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
563
ISBN
:
978-979-415-606-3
Harga
:
Rp. 115.000
Status
:
Kosong

Ada cukup banyak gereja yang hadir di Indonesia, masing-masing memiliki corak teologi dan tradisi yang unik. Namun, jika dicermati ternyata ada pula kesamaan-kesamaan di antara beberapa gereja. Wajarlah bila kemudian muncul sejumlah pertanyaan seperti: dari mana asal-usul gereja-gereja di Indonesia; siapa yang membawanya; bagaimana perkembangannya; dampak apa yang diakibatkan oleh kehadirannya, dan masih banyak pertanyaan lain.

Buku ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Apa yang dipaparkan di dalamnya bukan hanya mencatat data dan tahun serta tempat secara objektif. Lebih jauh dari itu, Dr. Th. Van den End (dan dalam jilid ini bersama-sama dengan almarhum Dr. J. Weitjens, SJ, yang secara khusus memberi sumbangan dalam pembahasan tentang Gereja Katolik) memberikan pertimbangan-pertimbangan teologis dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, bahkan juga mengajukan kritik-kritik dan penilaian-penilaian teologis.

Memang tidak ada gambaran sejarah yang berlaku objektif, termasuk juga sejarah gereja di Indonesia ini. Namun, apa yang diupayakan oleh sejarawan terkemuka ini merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi gereja-gereja di Indonesia. Akurasi dan kelengkapan data yang diberikannya dalam buku ini serta pandangannya sebagai seorang teolog dan sejarawan yang memiliki kredibilitas tinggi memberikan bobot yang laur biasa bagi buku ini.

Melalui buku ini kiranya gereja-gereja di Indonesia makin memahami dirinya dan menjadikan dirinya relevan di tengah masyarakat Indonesia. Terdapat gambaran tentang Sejarah Gereja di Nusa Tenggara dan Timor Timursejak tahun ±1860-an dan Pengkabaran Injil serta Gereja di Sumba.

Ragi Carita 2 merupakan jilid kedua, yang membicarakan sejarah gereja di Indoensia periode 1860-an hingga masa kini. Jilid yang pertama telah terbit dengan judul Ragi Carita 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...