Minggu, 28 Agustus 2016

Ata Kiwan

Judul
:
Ata Kiwan
Penulis
:
Ernst Vatter
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:

ISBN
:
979-429-348-2
Harga
:
Rp. 75.000
Status
:
Ada

Ata Kiwan merupakan sapaan yang diberikan kepada masyarakat etnis Flores Timur dan Lembata sebelum masuknya pengaruh modernisasi. Etnis ini juga dikenal dengan sebutan Lamaholot. Ciri-ciri fisik anggota masyarakat etnis ini adalah berambut keriting dan berkulit gelap. Di samping itu, masyarakat ini sangat kental menjaga nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan yang terpadu dalam ikatan mesra melalui hubungan keagamaan dan pemerintahan. Fakta empiris ini memberi gambaran yang benderang bahwa pada zaman mondial ini, khazanah budaya masih menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan luhur sehingga sangat perlu dijaga, dirawat, dipelihara, dan dikenang dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Buku ini mengupas tuntas khazanah budaya dalam peradaban masyarakat Flores Timur (Lamaholot) yang pada zaman purbakala merupakan salah satu daerah Kepulauan Sunda Kecil yang kini ‘hampir tidak dikenal orang! Ata Kiwan memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembentukan cikal bakal nilai-nilai khazanah budaya yang sampai saat ini masih melekat erat dalam diri ‘Ata Kiwan Modern’ – masyarakat Flores Timur dan Lembata. Merebak dan meluasnya peradaban modern tidak serta merta mementahkan Ata Kiwan yang memegang teguh adat dan kebiasaan yang merupakan simbol keluhuran martabat Ata Kiwan. Hal ini dapat dilihat dari cara dan proses mengakui adanya yang ‘lebih tinggi’, menghidupi kehidupan hingga melepaskan kematian seseorang dan bagaimana memelihara dan mencintai alam yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Ata Kiwan.

Untuk membantu pembaca berkenalan lebih mendalam tentang Ata Kiwan – masyarakat Flores Timur dan Lembata, buku ini coba memaparkan berbagai gambaran transparan tentang ciri-ciri, adat, kebiasaan, hubungan masyarakat dengan agama, pemerintahan, dan alam serta nilai-nilia hidup lainnya dalam masyarakat Flores Timur dan Lembata yang ‘hampir tidak dikenal orang. Oleh karena itu, buku ini layak dijadikan referensi dalam mempelajari, mengenal dan memahami khazanah budaya dan peradaban bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat Flores Timur khususnya.


10 komentar:

  1. Apakah buku berisi terjemahan secara lengkap dari buku Ata Kiwan yang asli? atau hanya bab tertentu saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya terjemahan secara keseluruhan

      Hapus
  2. Bagaimana bisa membeli dan mendapatkan buku ini? Mohon informasinya.

    BalasHapus
  3. Saya mau pesan satu buku ini. Tolong dibalas ya.tukandaniellawe@gmail.com

    BalasHapus
  4. Bisakah saya memesan 1 buku Ata Kiwan ? Tolong kirim no rekening ke alamat saya, email. tukandaniellawe@gmail.com

    BalasHapus
  5. Saya ingin memasan buku ini nanti tolong balas di alamat email saya fransiskusxaveriuskaduroman04@gmail.com atau bisa hubungi saya di nomor 085 239 054 392

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...