Senin, 26 September 2016

Keliling Indonesia, dari Era Bung Karno sampai SBY, Catatan Perjalanan Wartawan Nekat

Judul
:
Keliling Indonesia, dari Era Bung Karno sampai SBY, Catatan Perjalanan Wartawan Nekat
Penulis
:
Gerson Poyk
Penerbit
:
Libri
Tahun Cetak
:
2010
Halaman
:
308
ISBN
:
978-979-687-786-7
Harga
:
Rp. 80.000
Status
:
Ada

Benarkah Bung Karno memiliki “keluarga gelap” dari Rote? Rasa-rasanya mustahil, kecuali kalau kabar ini muncul akibat muslihat cerdik seorang jurnalis yang dijuluki “Gelap Poyk”. Seorang guru yang membelot menjadi wartawan sekaligus penulis nyeniman, ia juga memiliki sederet “profesi” sampingan lainnya seperti tukang tilep berita, asisten mantra cacar, tentara gadungan, dan pelancong bermodal dengkul. Petualangan nekat itu membawanya ke seantero Indonesia, yang ditelusurinya hingga pojok-pojok tergelap dan terjoroknya. Dan semua itu dilakoninya demi menghasilkan tulisan yang membuatnya sempat “didewakan” di bumi Parahiyangan dan diangkat anak oleh seorang gubernur sekaligus nyaris dibacok di jalur Trans-Sumatra.

Sebuah laporan penjelajahan negeri dengan bahasa yang ringan dan nakal tetapi berbobot dan penuh makna, buku ini dapat menjadi saksi pertumbuhan dan perkembangan beberapa bagian dari negeri ini dari zaman Sukarno sampai SBY.

Inilah catatan perjalanan seorang jurnalis petualang kawakan-yang juga sastrawan- yang dapat dijadikan renungan dan perbandingan: bagaimana Indonesia dulu dan bagaimana Indonesia beberapa dasawarsa sesudahnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...