Selasa, 31 Oktober 2017

Pantun Bahasa Tetun Timor

Judul
:
Pantun Bahasa Tetun Timor
Penyusun
:
Julius Bria Seran
Penerbit
:
Yayasan Oemata Moris Kupang
Tahun Cetak
:
1986
Halaman
:
158
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Kosong

Buku kecil ini menyajikan kepada khalayak pembaca kumpulan KANANUK, atau pantun-pantun, syair-syair, perumpamaan-perumpamaan dari Ema Tetun yakni satu komunitas kultural yang mendiami Kabupaten Belu di pedalaman Pulau Timor. Kumpulan KANANUK yang disajikan penulis dalam karya ini terdiri dari pantun nasihat, pantun jenaka, pantun agama, pantun perkenalan dan percintaan anatar muda-mudi, pantun sindiran, pantun iba hati dalam bahasa Ema tetun yakni “Lia Tetun” diikuti dengan terjemahan secara ketat dalam Bahasa Indonesia disertai dengan penjelasan seperlunya agar khalayak pembaca dapat menyimak maknanya.

KANANUK adalah karya seni masyarakat tradisional yang pada intinya ingin mengungkapkan dan menyampaikan seluruh perasaan, gagasan, pengalaman, cita-cita dan pandangan hidup masyarakat tersebut.

Sebagai karya seni KANANUK adalah produk seni budaya yang menampilkan keindahan yang pantas untuk dinikmati sebagai keindahan. Karena itu KANANUK biasanya menggunakan bahasa “dalam” yang untaian kata-katanya sengaja dipilih sebagai kata-kata yang bersukma sakti agar dapat meresap dan merembes ke dalam jiwa manusia yang terdalam yakni sentuhan-sentuhan yang bersifat psikologik dan filosofik. Apabila kata-kata yang indah dan sakti itu telah menyentuh jiwa manusia diharapkan pesan yang ingin disampaikan berupa nasihat-nasihat, keinginan-keinginan, dan harapan-harapan dari penuturnya telah tertangkap dan diresapi dengan sempurna dan sedalam-dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...