Minggu, 17 Juli 2016

Sastra Indonesia Warna Daerah NTT

Judul
:
Sastra Indonesia Warna Daerah NTT
Penulis
:
Drs. Yohanes Sehandi, M.Si
Editor
:
Yoseph Yapi Taum
Penerbit
:
USD
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
122
ISBN
:
978-602-0830-00-1
Harga
:
Rp.70.000
Status
:
Ada
Sastra Indonesia Warna Daerah NTT, menampilkan sejumlah pemikiran tentang eksistensi sastra Indonesia warna daerah atau warna local yang berkembang pesat sejak desentralisasi (otonomi) pemerintahan daerah di Indonesia yang dimulai tahun 2000 lalu. Di bidang kebudayaan, termasuk kesusastraan, setiap daerah menemukan jatidirinya yang khas dan menjadi kebanggaan daerah dan masyarakat yang bersangkutan. Demikian halnya dengan sastra Indonesia warna daerah NTT telah menemukan jatidirinya yang khas NTT dan menjadi kebanggaan daerah dan masyarakat NTT pada saat ini.
Perjalanan sastra NTT dari masa ke masa, membentangkan sejarah awal pertumbuhan dan perkembangan sastra NTT yang dimulai tahun 1961. Ditelusuri masa jatuh bangunnya perjalanan sastra NTT dari tahun 1961 sampai Desember 2014. Buku ini membentangkan berbagai karya sastra NTT berupa buku novel, kumpulan cerita pendek, dan kumpulan puisi yang dihasilkan para sastrawan NTT selama kurun waktu 53 tahun ini.
Penulis memperkenalkan para sastrawan NTT yang telah ditemukan identitasnya dan telah pula mencermati kualitas literer karya sastra yang dihasilkannya. Mereka semua telah berjasa mengangkat citra dan kekayaan kultur lokal kedaerahan NTT (local genius dan local wisdom NTT) lewat karya sastranya ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih luas.
Menyelisik sastra dan sastrawan NTT, berisi 13 esai mengulas geliat sastra dan sastrawan NTT. Ini menunjukan bahwa kehidupan sastra Indonesia di NTT tidak pernah sepi bahkan cukup semarak dan bergairah. Yang sepi adalah publikasinya di tingkat nasional, antara lain karena lemahnya akses NTT ke media massa tingkat nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...