Jumat, 13 Desember 2019

Emas Hijau Lahan Kering: Refleksi Pengalaman Yayasan Mitra Tani Mandiri Mengembangkan Wanatani di Timor dan Flores

Judul
:
Emas Hijau Lahan Kering: Refleksi Pengalaman Yayasan Mitra Tani Mandiri Mengembangkan Wanatani di Timor dan Flores
Penulis
:
Arnoldus Klau Berek dkk.
Penerbit
:
Yayasan Mitra Tani Mandiri
Tahun Cetak
:
2010
Halaman
:
158
ISBN
:
978-602-97142-0-3
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Yayasan Mitra Tani Mandiri (YMTM) adalah lembaga swadaya masyarakat yang didirikan sejak tahun 1988. Pendirian lembaga ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan kepedulian para penggagas dan perintis lembaga ini akan kehidupan masyarakat miskin yang menggantungkan penghidupannya pada lahan kering.

Dalam bekerja selama hampir 22 tahun belakangan ini, YMTM telah memperkaya dan melestarikan nilai-nilai perjuangan para pendirinya sehingga semakin kuat mengakar dan menjadi landasan yang kokoh seiring dengan kemajuan-kemajuan yang dicapai melalui proses belajar sambil bekerja (learning by doing) di lahan petani.

Visi: “Terwujudnya kemandirian, kesejahteraan dan keadilan masyarakt (laki-laki dan perempuan) di pedesaan dan daerah marjinal dengan mengutamakan kelestarian lingkungan secara berkelanjutan berdasarkan semangat kemitraan”.

Misi: (1) penguatan hak-hak masyarakat dan institusi lokal, (2) pengelolaan sumber daya alam dan pertanian berkelanjutan, (3) pengembangan ekonomi rakyat (usaha-usaha ekonomi produktif, (4) pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang peduli terhadap pengembangan masyarakat, (5) pengembangan pendidikan dan pelatihan.

1 komentar:

  1. Sangat disayangkan buku ini berisi manipulasi data dan fakta sejarah pendirian Yayasan Mitra Tani Mandiri. Yayasan Mitra Tani Mandiri tidak didirikan tahun 1988 tetapi Yayasan Geo Meno. Yayasan Mitra Tani Mandiri didirikan tahun 1997 dengan hibah dari Yayasan Geo Meno. Yayasan Geo Meno merintis penelitian dan pengembangan agroforestry sejak tahun 1984/1985 sebelum Yayasan didirikan.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...