Kamis, 17 Desember 2015

Pahlawan Nasional I.H. Doko, Berjuang Hingga Akhir


Judul
:
Pahlawan Nasional I.H. Doko, Berjuang Hingga Akhir 
Penulis
:
Aco Manafe
Penerbit
:
Artha Wacana Press
Tahun Cetak
:
2011
Halaman
:
289
ISBN
:
978-979-9096-25-8
Harga
:
Rp. 90.000
Status
:
Ada

Buku biografi ini memuat gagasan, pokok-pokok pikiran dan sepak terjang Pahlawan Nasional I. H. Doko dalam politik, sejarah perjuangan kemerdekaan dan pendidikan di daerah Nusa Tenggara Timur. Sosok beliau telah berjuang dan berkarya di berbagai bidang semasa hidupnya. Dia adalah pelopor pejuang kemerdekaan sejak masa mudanya seperti mendirikan Partai Perserikatan Kebangsaan Timor (PKT) dan Partai Demokrasi Indonesia di Timor (PDI-T).

Pada tahun 1946, I. H. Doko resmi menjadi penasihat delegasi Timor pada konferensi Malino di Sulawesi Selatan, kemudian menjadi utusan Timor pada konferensi Denpasar di Bali. Dengan segera dia menjadi politisi yang menjadi anggota Parlemen (Badan Perwakilan Sementara - BPS) hingga menjadi Menteri Kabinet Negara Indonesia Timur sebanyak empat kali. Selepas berpolitik dan menjabat petinggi negara di Makassar, dia kembali ke Kupang. Di sini Beliau giat menekuni bidang pendidikan dan menjadi salah satu tokohnya. Pada masa mengisi kemerdekaan (1960-1985), dia menjadi tokoh pendidikan dasar dan menengah hingga pendidikan tinggi.

Beliau berperan dalam memperjuangkan berdirinya Universitas Nusa Cendana, Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) dan Universitas Kristen Artha Wacana di ibu kota Provinsi NTT - Kupang.  Selain itu juga pernah menduduki jabatan penting seperti, menjadi Kepala Perwakilan Dep. PP dan K Nusa Tenggara Timur, Kepala Dinas Pengajaran Nusa Tenggara Timur, pimpinan Yayasan Pendidikan Kristen – Yupenkris (GMIT), Ketua KONI, Ketua PMI dan menjadi pengurus serta penasihat Majelis Sinode GMIT dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...