Minggu, 13 Desember 2015

Pengaruh Portugis di Indonesia


Judul
:
Pengaruh Portugis di Indonesia
Penulis
:
Antonio Pinto Da Franca
Penerbit
:
Pustaka Sinar Harapan
Tahun Cetak
:
2000
Halaman
:
144
ISBN
:
979-416-663-4
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Kosong

Buku ini ditulis dengan maksud untuk melihat sisa-sisa pengaruh Portugis di Indonesia melalui pertemuan antara beberapa generasi orang Portugis dan Indonesia selama abad ke XVI dan XVII. Transformasi di dalam cara memandang kehidupan dan di dalam filsafat hidup sehari-hari, sebab sesungguhnya kontak-kontak ini merupakan pertemuan pertama antara gagasan-gagasan Asia dan Eropa, yang agaknya telah mengakibatkan suatu perubahan besar secara emosional dan intelektual pada kedua belah pihak. Betapa besar pengalaman Asia telah mempengaruhi pemikiran, kesenian dan sastra Portugis! Orang Portugis benar-benar telah merupakan jembatan antara kedua dunia ini.

Pengaruh Portugis di Indonesia mungkin kelihatannya sepela, namun pada kenyataannya besar kalau kita ingat bahwa itu merupakan hasil suatu periode singkat selama 150 tahun dan bahwa sudah tiga abad berlalu sejak itu praktis tanpa kontak, apalagi kalau kita ingat usaha tidak habis-habisnya Kompeni (VOC) untuk menumpas semua sisa Portugis, baik material maupun spiritual. Tetapi adanya sisa-sisa pengaruh ini mungkin untuk sebagian dapat dijelaskan oleh karunia aneh yang dimiliki Orang Portugis untuk mengadakan kontak dan berbaur dengan bangsa-bangsa serta kebudayaan-kebudayaan lain.

Lebih dari hasil politik, pengaruh Portugis di Indonesia merupakan akibat hubungan sehari-hari antara orang-orang Indonesia dan pastor-pastor, pelaut-pelaut, pedagang-pedagang dan prajurit-prajurit Portugis yang rendah hati, suatu hubungan manusia dengan manusia. Buku ini memuat sisa-sisa yang hidup dari jejak Portugis di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Flores. Buku ini juga dilengkapi dengan kata-kata Portugis di Indonesia, nama-nama Portugis di Indonesia, bahasa Portugis di Tugu (Jakarta), kata-kata Portugis dalam lagu-lagu Tugu (Kroncong) dan sandiwara Portugis di Sikka (Flores).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...