Selasa, 08 Agustus 2017

Perempuan, Media dan Politik

Judul
:
Perempuan, Media dan Politik
Penulis
:
Isidorus Lilijawa
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2010
Halaman
:
308
ISBN
:
978-979-94-4758-2
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Kosong

Buku Perempuan, Media dan Politik ini menarik karena ditulis oleh seorang cendekiawan muda yang tidak hanya mengurung diri dalam menara gading ilmu pengetahuan, tapi berani mengambil keputusan menceburkan diri ke ranah politik praktis sebagai anggota legislatif.

Penulis menunjukkan bahwa persoalan seputar Perempuan, Media dan Poltik hanya ditemukan solusinya jika ketiganya dimengerti dan dielaborasi sebagai sebuah jalinan relasi. Penghentian marginalisasi kaum perempuan dalam pelbagai wajah membutuhkan sebuah politik demokrasi delibaratif yang mampu mendongkrak partisipasi kaum perempuan dalam ranah politik. Partisipasi politis yang sesungguhnya mengandalkan adanya akses terhadap informasi dan proses pengambilan keputusan politis.

Defisit epistemis yang dialami kaum perempuan dapat diatasi jika media massa memiliki wawasan akan kesetaraan gender dan memainkan peran publiknya dengan berpijak pada etika ruang publik yakni pencerdasan, pemberdayaan, solidaritas dan pengawasan sosial. Etika ruang publik yang memiliki wawasan dan kesetaraan gender membutuhkan sebuah politik emansipatoris yang membuka ruang partisipasi seluas-luasnya bagi kaum perempuan dan kelompok marginal lainnya dalam proses pengambilan keputusan politis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...