Selasa, 14 Januari 2020

Daerah Penting Bagi Burung di Timor Leste: Daerah-Daerah Penting Bagi Konservasi

Judul
:
Daerah Penting Bagi Burung di Timor Leste: Daerah-Daerah Penting Bagi Konservasi
Penyunting
:
Michael J. Crosby
Penerbit
:
Birdlife International
Bahasa
:
Indonesia & Inggris
Tahun Cetak
:
2007
Halaman
:
86
ISBN
:
978-0-946888-59-7
Sumber
:
Download
:


Sejak tahun 2002 hingga 2006 Kementrian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan - the Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF), Timor-Leste, sangat bergembira telah dapat bekerjasama dengan BirdLife International dalam survey nasional untuk burung-burung di Timor-Leste.

Ada banyak spesies yang hanya dapat dijumpai di Timor dan pulau-pulau di sekitarnya yang masih dapat dijumpai di Timor-Leste. Akan tetapi banyak habitat hutan asli bagi banyak spesies burung telah berkurang di negara ini akibat kegiatan manusia, tingginya laju kehilangan hutan telah menghancurkan banyak dari habitat yang sangat berharga ini. Sejak tahun 2000 Pemerintah Timor-Leste telah melarang kegiatan penebangan secara komersial sebagai bagian dari komitmen untuk perlindungan lingkungan dan daerah tangkapan air bagi keanekaragaman hayati dan kesejahteraan manusia.

Buku Daerah Penting bagi Burung (DPB)—Important Bird Area (IBA)—ini merupakan hasil dari analisa semua informasi yang tersedia, terutama dari hasil survey intensif yang dilakukan sejak tahun 2002, yang hasilnya adalah ditemukannya 16 lokasi yang dapat dikategorikan sebagai DPB di Timor-Leste, yang di dalamnya terdapat 35 spesies burung sebaran terbatas termasuk 23 yang hanya terdapat di Daerah Burung Endemik Timor dan Wetar. Selama masa survey tersebut banyak data telah dikumpulkan dari lokasi-lokasi tersebut oleh tim dari BirdLife International-MAFF dan hal tersebut telah sangat membantu MAFF dalam melakukan identifikasi
daerah-daerah untuk dilindungi. Data tersebut menjadi informasi dasar bagi penetapan, pengembangan dan pengelolaan Jaringan Kawasan Perlindungan untuk melestarikan habitat yang tersisa dan untuk melindungi daerah tangkapan air serta bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai negara yang baru berdiri dengan keperluan pembangunan yang mendesak, Timor-Leste menghadapi banyak tantangan—terutama pembiayaan dan peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia. Walaupun demikian, dengan bantuan dari BirdLife International, tim yang terdiri dari para ahli lokal dan internasional bekerja bersama-sama, untuk menyelesaikan survey dasar yang penting ini. BirdLife International menyediakan sumberdaya, keahlian dan pelatihan dan bekerja bersama-sama dengan MAFF, National Directorate for Environmental Services (NDSMA), para mahasiswa dari National University of Timor-Leste, LSM nasional dan anggota masyarakat.

Sebagai hasil kegiatan pengumpulan data dasar awal, buku ini masih jauh dari sempurna. Langkah berikutnya adalah melakukan survey yang lebih rinci di daerah yang ditentukan untuk menambah data yang telah tersedia. Lepas dari segala hambatan yang ada, kami berharap buku ini dapat berguna dan dapat membantu pembacanya untuk menambah pengetahuan tentang burung dan lokasi-lokasi prioritas bagi pelestarian keanekaragaman hayati di Timor-Leste.

Pemerintah Timor-Leste ingin mengucapklan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangannya bagi terwujudnya buku ini. Terima kasih kepada BirdLife International atas bantuan dan sumbangan keahlian yang telah diberikan, MAFF dan para pegawai pemerintah lainnya, LSM dan perguruan tinggi serta anggota masyarakat yang telah terlibat dalam pekerjaan ini.

Francisco de Sà Benevides
Mentri
Kementrian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan
Republik Demokratik Timor-Leste

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...