Senin, 20 Januari 2020

Tiga Novel Penerima Hadiah Sastra Sea Write Award: Sang Guru Karya Gerson Poyk, Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H., dan Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari

Judul
:
Tiga Novel Penerima Hadiah Sastra Sea Write Award: Sang Guru Karya Gerson Poyk, Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H., dan Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari
Penulis
:
B. Trisman, Prih Suharto & Widodo Djati
Penyunting
:
Djamari
Penerbit
:
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Tahun Cetak
:
2003
Halaman
:
84
ISBN
:
979-685-392-2
Sumber
:
Download
:


Pemberian penghargaan kepada sastrawan yang berprestasi itu tentu tidak terlepas dari mutu karya mereka. Sayangnya, meskipun memperoleh anugerah dari pihak luar, karya-karya pengarang Indonesia tersebut belum begitu akrab dengan masyarakatnya. Mungkin sekali hal ini berkaitan erat dengan masih rendahnya apresiasi masyarakat terhadap sastra.

Sehubungan dengan itu, untuk menumbuhkan apresiasi sastra masyarakat barangkali diperlukan semacam jembatan antara karya sastra dengan pembaca "awam" agar karya sastra yang tergolong bermutu - seperti karya-karya sastra para pengarang yang memperoleh penghargaan SEA Write Award - dapat dipahami dan dinikmati masyarakat dari berbagai lapisan. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk itu adalah memperkenalkan karya-karya tersebut dalam bentuk pembahasan atas unsur-unsur pembangun karya-karya tersebut.

Penelitian ini membicarakan tema dan struktur tiga novel Indonesia penerima anugerah sastra SEA Write Award. Ketiga novel yang akan diteliti itu adalah (1) Sang Guru karya Gerson Poyk, (2) Ladang Perminus karya Ramadhan K.H., dan (3) Bekisar Merah karya Ahmad Tohari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...