Selasa, 18 Februari 2020

Kesaksian dari Penjara: Fabianus Tibo - Marinus Riwu – Dominggus Da Silva (Edisi Revisi)

Judul
:
Kesaksian dari Penjara: Fabianus Tibo - Marinus Riwu – Dominggus Da Silva (Edisi Revisi)
Editor
:
Jannes Eudes Wawa
Penerbit
:
Padma Indonesia
Tahun Cetak
:
2006
Halaman
:
212
ISBN
:
-
Harga
:
RP. 95.000
Status
:
Ada


Ada beberapa alasan yang mendorong penerbitan buku ini. Pertama, selama ini berkembang informasi yang beragam tentang posisi Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu dalam kasus Kerusuhan Poso III. Aparat penegak hokum (polisi, jaksa dan hakim) dalam tuduhan, dakwaan, tuntutan dan hukuman mengklaim Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu sebagai pelatih, penggerak massa (provokator), actor intelektual dan pelaku utama dalam kerusuhan tersebut. Karena itu, ketiganya diganjar hukuman mati.

Sebaliknya, Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu menolak semua dakwaan, tuduhan dan hukuman tersebut. Alasannya, kehadiran mereka di Poso semata-mata untuk menyelamatkan anak-anak mereka yang sedang bersekolah, para guru, suster dan pastor yang tinggal di kompleks Gereja Santa Theresia yang ingin dibunuh dan dibakar massa yang terlibat dalam Kerusuhan Poso III. Ketiga terpidana mati juga menilai proses pengadilan penuh dengan rekayasa, sehingga fakta sesungguhnya sangat sulit terungkap selama persidangan. Saksi yang meringankan mereka pun tidak pernah dihadirkan.

Kedua, informasi yang bertolak belakang sepantasnya diketahui publik untuk diketahui dan dinilai pihak mana yang benar dan pihak mana yang salah. Memang, hasil penilaian publik tidak otomatis mengubah sebuah keputusan hokum yang telah ditetapkan. Akan tetapi,  jika hukuman yang telah dijatuhkan salah atau keliru, apalagi harus menghilangkan nyawa seseorang, maka para pembuat keputusan bakal takkan terhindarkan dari sanksi sosial yang diberikan masyarakat. Sanksi tersebut biasanya lebih dahsyat. Ganjaran yang diterima bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...