Rabu, 06 Desember 2023

Perkawinan Adat Tradisional di Wilayah Nusa Tenggara Timur

Judul

:

Perkawinan Adat Tradisional di Wilayah Nusa Tenggara Timur

Penulis

:

Wolfgang Ndouk, dkk

Editor

:

Andreas Tefa Sa’u, SVD

Penerbit

:

Nusa Indah

Tahun Cetak

:

2021

Halaman

:

479

ISBN

:

978-623-98435-1-9

Harga

:

Rp. 140.000

Status

:

Ada

 

Tradisi adat perkawinan setiap daerah di wilayah Nusa Tenggara Timur mempunyai ciri khas, istilah, bentuk, serta warnanya sendiri-sendiri. Ritual adat perkawinan ini pun sarat akan nilai-nilai filosofis. Masyarakatnya masih sangat menjunjung tinggi niai-nilai luhur adat perkawinan tradisional sebagai salah satu bagian penting di dalam kehidupan.

Buku Perkawinan Adat Tradisional di Wilayah Nusa Tenggara Timur ini berisi tentang tradisi adat perkawinan di wilayah Nusa Tenggara Timur, secara khusus menampilkan tradisi adat perkawinan dari masyarakat Cibal (Manggarai – Flores Barat), Keo (Flores Tengah), Sikka, Suku Nai-usu di Amanatun Utara (Timor Tengah Selatan), Buna Makir (Belu), dan masyarakat Loura (Sumba Barat).

Ada empat pokok penting yang diulas dalam buku ini. Pertama, perkawinan adalah tanggung jawab keluarga besar kedua belah pihak. Kedua, proses dan tahapan perkawinan. Ketiga, mas kawin atau belis sebagai aspek permanen dalam perkawinan tradisional. Keempat, tujuan perkawinan tradisional.

Buku ini disuguhkan sebagai pengingat agar kita sebagai pewaris mengetahui, mengenal, dan mau merawat kekayaan budaya tradisional yang sarat petuah kebajikan dan kearifan lokal. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...