Rabu, 24 April 2024

Para Perempuan Sekitar Yesus

Judul

:

Para Perempuan Sekitar Yesus

Editor

:

Philipus Tule, SVD; Ildefonsa, SSps dan Florentina, SSps

Penerbit

:

Nusa Indah

Tahun Cetak

:

2000

Halaman

:

240

ISBN

:

979-429-170-6

Harga

:

Rp. 40.000

Status

:

Ada

 

Abad ke-21 diramalkan menjadi abad kebangkitan kaum perempuan. Tak dapat disagkal bahwa salah satu isu besar yang menjadi perhatian dan keprihatinan dalam berbagai seminar dan lokakarya, baik di negara industri maupun negara berkembang adalah isu gender yang berkaitan dengan kaum perempuan. Juga dalam Gereja, suara dan tuntutan kaum perempuan akan peningkatan perannya dan pengakuan statusnya agar setara dengan kaum pria semakin mendapat perhatian.

Terkesan bahwa dalam Injil kaum perempuan agak dialienasikan. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, khususnya di Amerika, banyak penelitian telah membuka tabir baru bahwa Yesus sendiri telah membina relasi yang lebih positif dengan kaum perempuan. Sebagai konsekuensinya, dalam banyak komunitas Gereja perdana, telah terpupuk sejenis kesetaraan sosial antara perempuan dan laki-laki walaupun hal ini mengalami penyimpangan-penyimpangan dalam perkembangan Gereja selanjutnya.

Terlepas dari dimensi paternalistik yang mewarnai sejarah Gereja sepanjang masa, kita mengalami sosok keibuan Gereja, yang terpancar dari pelayanan jutaan misionaris perempuan. Sederetan nama berikut, yang walaupun belum lengkap, dapat menjadi contoh pribadi-pribadi perempuan di sekitar Yesus, yang patut dikagumi dan diteladani: Maria Helena Stollenwerk, Muder Teresa dari Calcuta, Maria MacKilop dari Austrlia, dan Sr. Theresia, CIJ dari Flores. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...