Selasa, 23 April 2024

Pengembangan Ilmu Bahasa dan Pembinaan Bangsa

Judul

:

Pengembangan Ilmu Bahasa dan Pembinaan Bangsa (Laporan Pertemuan di Fakultas Sastra Universitas Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda 25-28 Oktober 1981)

Editor

:

Harimurti Kridalaksana

Penerbit

:

Nusa Indah

Tahun Cetak

:

1986

Halaman

:

528

ISBN

:

-

Harga

:

Rp. 50.000

Status

:

Ada

 

Dalam memperingati Sumpah Pemuda 1928 Lembaga Linguistik Fakultas Sastra Universitas Indonesia telah menyelenggarakan suatu Forum Linguistik pada tanggal 26-28 Oktober 1981. Acara yang semula dimaksudkan untuk bertukar pikiran di antara para ahli dan mahasiswa Fakultas Sastra UI saja, ternyata telah menarik perhatian para ahli dan mahasiswa di luar Universitas Indonesia. Pertukaran pikiran dalam forum tersebut dirasakan sekali manfaatnya oleh semua peserta.

Forum Linguistik sekali ini bertema “Pengembangan Ilmu Bahasa dan Pembinaan Bangsa”, secara teknis, kita dapat mengamai 4 sub-tema: (1) mencari wawasan yang lebih mendalam tentang bahasa; (2) bahasa dalam pengungkapan pribadi dan masyarakat; (3) bahasa dalam konteks ruang dan waktu; (4) pengajaran bahasa dan pembinaan bahasa.

Adalah lazim bahwa dalam pertemuan ilmiah hasil-hasil penelitian mutakhir disajikan dan pandangan-pandangan baru diadu dengan pandangan-pandangan yang sudah mapan. Hasilnya ialah kemajuan selangkah atau beberapa langkah dalam ilmu dibahas itu. Forum Linguistik 1981 jelas sekali mencerminkan kemajuan dan perkembanngan yang dicapai oleh para penyelidik linguistik di Indonesia.

Agar kegunaan pertemuan ilmiah itu dapat tersebar luas, semua makalah yang disajikan dikumpulkan di sini setelah diperbaiki oleh penulisnya berdasarkan diskusi yang mengikuti setiap penyajian makalah. Seluruhnya dibagi atas 4 subtema yang kami sebutkan di atas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...