Rabu, 22 Juni 2016

Kidung Agung dari Timur

Judul
:
Kidung Agung dari Timur, Balada Kebenaran Pancasila Budaya dan Agama dalam Kandungan Ibu Pertiwi
Penulis
:
Abdul Rejad Raya Wulukada (ARRAUW)
Penerbit
:
-
Tahun Cetak
:
-
Halaman
:
149
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 40.000
Status
:
Kosong

Kidung Agung adalah senandung ma’rifat yang bernyanyi dalam pikiran yang penuh dengan perenungan yang tulus dan menghibur manusia dan membangkitkan lapisan kesadaran manusia dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan dan cobaan. Dengan demikian sedikit berbeda dengan balada karena hanya merupakan kata hikmat yang menyenangkan hati. Namun demikian keduanya mempunyai titik singgung yang sama karena sama-sama mengandung kebenaran dan selalu berlindung di bawah naungan ilahi rabbi.

Kata makrifat lebih bermakna pengetahuan indrawi dan falsafi dari pada pengetahuan keilmuan. Sebuah kesaksian pengetahuan indrawi dan falsafi dari Abdul Rejad Raya Wulakada kini dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Kidung Agung dari Timur tentang Pancasila, Budaya dan Agama”. Dien dan Addien yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama agama; di mana kedua kata tersebut jiak dikembalikan dalam sebuah bahasa yang berada di negeri Edang yang letaknnya di wilayah bagian timur Indonesia mempunyai makna “dien” artinya baik dan “addien” artinya orang baik.

Bahasa ini hanya digunakan oleh masyarakat Edang yang mencakupi dua kecamatan yaitu Omesuri dan Buyasuri di Pulau Lembata. Dengan demikian di luar dien dan addien itu bukan orang baik. Oleh karena itu dien yang bukan addien itu bukan manusia, tetapi hewan. Tetapi kalau dia memang manusia maka itu merupakan manusia yang tidak beradab karena selalu membuat kerusakan. Berbicara yang namanya dien atau agama maka mahluk yang namanya manusia tidak terlepas dari namanya Pancasila, Budaya dan Agama. Ketiga merupakannya satu kesatuan yang tak terpisahkan. Di mana Pancasila tanpa agama manusia tak punya arti dan Pancasila tidak tidak memiliki budaya maka manusia akan mati. Hal ini berlaku untuk semua manusia secara individu, masyarakat maupun relasinya terhadap jagat semesta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...