Rabu, 11 November 2020

Ekologi dan Masyarakat: Kajian dan Refleksi Atoin Meto di Timor Barat, NTT

Judul

:

Ekologi dan Masyarakat: Kajian dan Refleksi Atoin Meto di Timor Barat, NTT

Penulis

:

Dr. Hendrik Ataupah, MA

Editor

:

P. Gregor Neonbasu SVD, PhD

Penerbit

:

CV. Sejahtera Mandiri Teknik Indonesia

Tahun Cetak

:

2020

Halaman

:

386

ISBN

:

978-623-7412-10-6

Harga

:

Rp. 100.000

Status

:

Ada

 

Timor Barat adalah suatu wilayah sabana semi-ringkai yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung. Sudah turun-temurun enam suku bangsa Indonesia bersama-sama menghuni wilayah itu. Tetapi hanya suku bangsa Meto yang bermukim terpencar-pencar di sebagian besar wilayah tersebut.

 

Sudah ada pelbagai penelitian ilmiah tentang keadaan geologi, geografi, kehutanan, pertanian dan peternakan di wilayah itu, maupun penelitian ilmiah tentang antropologi, politik dan agama suku bangsa Meto. Tetapi belum ada penelitian antropologi ekologi untuk mengungkapkan adaptasi sosial budaya suku bangsa Meto pada lingkungan sabana semi-ringkai, sambil sekaligus memperhatikan proses perkembangan sejarahnya yang berdampak pada seluk beluk adaptasi sosial budaya.

 

Keanekaragaman lingkungan alam-fisik-biologi. Timor Barat perlu diketahui agar dapat diketahui juga strategi relung ekologi suku bangsa dalam rangka proses adaptasi sosial budaya pada lingkungan hidup, selama suatu jangka waktu yang relative panjang. Selanjutnya perlu diketahui pula interaksi di antara pelbagai kelompok orang Meto yang bermukim terpencar-pencar maupun interaksi ekternal dengan pelbagai suku bangsa tentangga maupun suku bangsa –bangsa asing, agar konsep sejarah yang berdampak pada proses adaptasi sosial budaya dapat diketahui.

 

Atas dasar pemikiran yang dikemukakan, maka masalah pokok penelitian untuk karya ini dapat dirumuskan sebagai berikut: proses adaptasi sosial budaya suku bangsa Meto pada lingkungan sabana semi-ringkai Timor Barat serta dampak interkasi ekternalnya dengan suku bangsa tentangga dan dampak interaksi eksternal dengan kekuasaan asing pada proses adaptasi sosial budaya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...