Selasa, 28 Juni 2016

Eurico Guterres Melintasi Badai Politik Indonesia

Judul
:
Eurico Guterres Melintasi Badai Politik Indonesia
Penulis
:
Khairul Jasmi
Penerbit
:
Sinar Harapan
Tahun Cetak
:
2002
Halaman
:
292
ISBN
:
979-416-715-7
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Ada

Menjelang Magrib sebuah stasiun televisi swasta di Jakarta memberitakan: Eurico Guterres diadili. Saya melihat, anak muda Timor Timur itu berada di ruangan sidang pengadilan. Seperti biasa ia berpakaian loreng, dengan rambut dikucir.

Eurico adalah bagian dari perjuangan Indonesia. Tapi kini dilayar kaca saya menyaksikan sendiri ia diadili. Pasti ada yang salah di sini. Indonesia, negeri yang berbudaya luhur ini, tiba-tiba bertindak seperti tidak tahu membalas budi. Belakangan saya tahu juga, Indonesia berada di bawah tekanan dunia internasional.

Di mata saya, Eurico Guterres yang belum lengkap ‘keindonesiaannya’ justru dengan sangat kuat memompa semangat nasionalisme kita. Ia dengan kukuh berkali-kali menyatakan, saya rela mati demi merah putih. Eurico adalah satu di antara ribuan penduduk Timor Timur yang dapat merekam dan akhirnya terlibat langsung dalam kancah politik di tanah leluhurnya itu.

Ketika saya risau melihat tayangan televisi itu, mungkin jutaan orang merasakan hal yang sama. Tapi yang saya tahu, di sebuah rumah di Surabaya sana, seorang lelaki juga risau. Namanya Slamet. Si sebuah rumah lain di Indarung, Padang, seorang lelaki juga risau. Ia gelisah, kenapa orang seperti Eurico Guterres diadili. Salah apa dia? Bukankah dia membela kepentingan Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...