Kamis, 23 Juni 2016

Manusia dan Kebudayaan di Indonesia

Judul
:
Manusia dan Kebudayaan di Indonesia
Penulis
:
Prof. Dr. Koentjaraningrat (Ed.)
Penerbit
:
Djambatan
Tahun Cetak
:
1982
Halaman
:
390
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Kosong

Buku ini sebagai ikhtisar dari berbagai keterangan tentang sebanyak mungkin masyarakat dan adat istiadat dari aneka warna suku bangsa di Indonesia. Bahan itu secara lengkap dan mendetail sebenarnya tersebar di suatu himpunan besar dari puluhan ribu karangan dan buku-buku yang ditulis oleh orang Belanda dan lain-lain orang asing sejak kurang lebih dua abad yang lalu.

Buku ini mencakup berbagai kebudayaan mulai dari kepualuan sebelah barat Sumatra, pantai utara Irian Jaya, Batak, Kalimantan Tengah, Minahasa, Ambon, Flores, Timor, Aceh, Minangkabau, Bugis Makassar, Bali, Sunda, Jawa, serta Kebudayaan Orang Tionghoa. Terkait dengan kebudayaan Flores dan Timor termuat sub-sub seperti identifikasi, data demografis, pola perkampungan, mata pencaharian hidup, sistem kekerabatan, sistem kemasyarakatan, religi, dan masalah pembangunan.

Bahan tentang berbagai suku-bangsa yang termaktub dalam bab-bab dari buku ini, ada yang diabstraksikan dari buku-buku Belanda yang ditulis dalam zaman sebelum Perang Dunis II dari sumber yang baru tetapi juga dari ninformasi yang resen. Telah diusahakan supaya sedapat mungkin masing-masing bab itu ditulis oleh seorang ahli atropologi yang asal dari daerah yang bersangkutan dan yang juga tinggal di daerah itu, atau yang belum lama waktu yang lalu mengunjungi dan melakukan penelitian di daerah yang bersangkutan.

1 komentar:

  1. Ada buku yg berkaitan tentang pengasuhan menurut budaya flores?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...