Minggu, 10 Desember 2017

Informasi Koleksi Musik Tradisonal Indonesia

Judul
:
Informasi Koleksi Musik Tradisonal Indonesia
Editor
:
Drs. Trigangga
Penerbit
:
Museum Nasional
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
77
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 70.000
Status
:
Ada

Koleksi musik tradisonal merupakan salah satu jenis koleksi yang sangat diminati oleh masyarakat. Instrumen musik tradsional ini dipamerkan di beberapa ruang pameran tetap, baik koleksi prasejarah, arkelogi, maupun etnografi. Dalam upaya pengayaan informasi dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap musik tradisonal, maka diterbitkan buku “Informasi Koleksi Musik Tradisional Indonesia”.

Di dalam buku ini disajikan berbagai alat musik tradisional yang meliputi: 1) idiafon, yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya adalah badan alat musik itu sendiri, seperti calung dan kentongan; 2) kordofon, yaitu alat musik dengan sumber bunyi dari dawai-dawai yang dimainkan dengan cara dipetik maupun digesek, seperti sasando dan rebab; 3) membranofon, yaitu alat musik yang bunyinya bersumber dari membran, seperti gendang dan rebana; 4) aerofon, yang sumber bunyinya berasal dari udara, baik melalui tiupan untuk menggetarkan lidah-lidah (reed), atau kolom udara, seperti organ mulut (keledi) dan serunai; dan 5) gemelan, yang terdiri atas gamelan Jawa, gamelan Banjar, dan gamelan Rame.

Koleksi alat musik tradisonal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) diantaranya Moko (Alor), Jungga (Sumba), Sitar Tabung / Dakadao (Timor), Sitar Bambu / Dakedun (Flores), Sasando (Rote), Gendang & Gendang Tangan (Sumba), Gendang (Timor), Sulingganda / Foy Doa (Ngada), Sulingganda Tiga / Foy Dogo (Flores).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...