Jumat, 26 Mei 2017

Ben Mboi, Berbicara tentang Agama, Pemerintahan dan Pembangunan

Judul
:
Ben Mboi, Berbicara tentang Agama, Pemerintahan dan Pembangunan
Editor
:
Drs. Moses N. Lebao
Penerbit
:
Gita Kasih
Tahun Cetak
:
2005
Halaman
:
402
ISBN
:
978-979-3748-68-9
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong

Pada awal-mula adalah ide, yang kemudian menghasilkan atau melahirkan “sesuatu” untuk dijalankan demi kebaikan bersama dalam sebuah kehidupan public. Lazim terjadi di mana-mana bahwa sesuatu yang dimaksud itu bisa berupa perbuatan atau pekerjaan besar; bahkan sesuatu yang bersifat monumental yang lepas dari kenangan. Pada sisi tertentu, ide inilah yang mendorong setiap orang untuk menghargai karya dan prestasi; yang justru terlahir dari ide yang sama itu dan mempengaruhi kehidupan yang lebih luas.

Terbitan ini merupakan upaya editor untuk mengumpulkan berbagai pikiran dan gagasan Bapak Ben Mboi yang telah dipaparkan dalam berbagai kesempatan dan di hadapan berbagai kelompok pendengar semisal aparatur pemerintah, para birokrat, aparat departemen agama di daerah, para tokoh dan pemuka agama termasuk para pimpinan lembaga keagamaan wilayah NTT. Catatan mengenai para audiens ini harus dilengkapi dengan para unsur pimpinan dan warga institusi sipil dan militer maupun kepada umat beragama dan generasi muda serta khalayak di seantero provinsi NTT. Awal dari semuanya memang sederhana, namun sungguh-sungguh memuat pesan yang sangat kaya, yang jika dikecapi, ia bagai suguhan air segar yang menyejukan.

Akan terlihat bahwa buku ini bukannya sebuah dokumen politik, oleh karena karya ini tabula rasa terhadap bahasa politik atau trik-trik politis tertentu dengan berkubang pada keberpihakan yang picik pada kelompok tertentu. Selain itu karya ini juga bukan kajian akademik, oleh karena di sini hanya termuat jahitan sana sini dari arahan, pidato dan sambutan pada kesempatan yang berbeda. Buku ini lebih tepat sebagai kumpulan ide mengenai pembangunan dan agama dalam bingkai merancang sebuah kehidupan bersama yang lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...