Selasa, 09 Januari 2018

Mengawali Integrasi Mengusung Reformasi

Judul
:
Mengawali Integrasi Mengusung Reformasi Pengabdian Alumni Akabri 1970
Editor
:
Sudrajat dkk
Penerbit
:
Kata Hasta Pustaka
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
504
ISBN
:
978-979-1056-49-6
Harga
:
Rp. 100.000
Status
:
Ada

"Harus diakui bahwa para perwira lulusan Akabri tahun 1970 selain menjadi angkatan pertama dari pendidikan pembentukan perwira terintegrasi, pada sisi yang lain ternyata juga bersikap kritis dan dinamis sehingga mampu menjawab tantangan perubahan lingkungan yang terjadi secara cepat dan tepat."
- Dr. Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pertahanan RI

"Menarik untuk menyimak pengalaman Akabri lulusan tahun 1970 yang ditulis secara populer dalam buku ini. Kisah pengalaman mereka banyak mengandung butir-butir sejarah TNI yang tercecer dan dapat terlupakan. Butir-butir sejarah TNI ini dapat melengkapi kekosongan uraian sejarah TNI yang kita m
iliki saat ini guna membangun generasi TNI masa depan yang lebih baik."
- Prof. Dr. Juwono Sudarsono

Baru tiga jam menjabat sebagai Panglima Kostrad, Mayjen Johny J. Lumintang sudah diperintahkan untuk menyerahkan jabatannya kepada orang lain. Apa pikiran yang berkecamuk dalam diri Johny? Haruskah ia melawan atau patuh sebagai prajurit TNI, haruskah ia mundur dari dinas kemiliteran karena tindakan pimpinannya? Baca "drama" Pangkostrad 17 jam yang belum pernah diungkapkan sebelumnya!

Mengapa ada rekan satu angkatan dan beberapa senior yang sinis ketika melihat bahwa Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo menjadi Komisioner Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) Indonesia - Timor Leste? Dan mengapa pula Agus dapat menerima temuan KKP bahwa TNI secara institusional bertanggung jawab atas pelanggaran HAM di Timor Timur tahun 1999?

Mengapa Jenderal Polisi Suroyo Bimantoro menolak mundur dari jabatan Kapolri, meskipun didesak oleh Gus Dur? Untuk pertama kalinya, Bimantoro secara terbuka mengungkap detik-detik mendebarkan ketika ia dan Presiden RI berbeda pendapat dan sikap, yang menjadi awal "badai" yang menimpa Kepolisian RI tahun 2001 lalu.

Buku ini terdiri dari bagian satu: Penugasan para perwira alumni Akabri Pertama 1970 dalam operasi militer dan non militer diantaranya Operasi Seroja dan Operasi Pra-Seroja, Bintang sakti dan KPLB, Pencagahan Kapal Lusitania Expresso hingga Lepasnya Timor Timur dari Indonesia. Bagian  dua: Mengenal Akabri Pertama 1970. Bagian tiga: Menemukan Kembali Jati Diri TNI dan Reformasi Internal TNI. Bagian empat: Pengabdian Purna Bakti dan Bagian lima: Peninggalan bagi Generasi Penerus.serta Bagian enam: Renungan dan Harapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...