Minggu, 02 Desember 2018

Dari Rupiah ke Dolar AS, 15 Tahun Pertamina di Timor Leste

Judul
:
Dari Rupiah ke Dolar AS, 15 Tahun Pertamina di Timor Leste
Penulis
:
Dr. Ibrahim Hasyim
Penerbit
:
Bintang Satu Media
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
160
ISBN
:
978-979-19936-4-7
Harga
:
Rp. 150.000
Status
:
Ada


Buku ini adalah sebuah dokumentasi yang berisi sejarah, fakta, bias dirujuk oleh anak-anak muda yang sedang menjalani bisnis retail Pertamina di luar negeri. Substansinya juga dihubungkan dengan keilmuan sehingga buku yang bernilai kejuangan dan kompetisi di bidang bisnis energi juga dapat dijadikan bacaan mata kuliah oleh mahasiswa.

Cakupan isi buku dibuat lebih luas, yang dimulai dari era inisiasi dihadirkannya Pertamina di Timor Timur atas instruksi Presiden Soeharto tahun 1978. Buku ini terdiri dari tiga babak. Ada era mempertahankan, era membangun fondasi dan merintis bisnisnya hingga era sekarang yang ditandai dengan didirikannya perusahaan patungan PITsa, satu-satunya anak perusahaan Pertamina di kancah internasional.

Ketiga fase itu berlangsung karena adanya pengambilan keputusan. Apa yang terjadi adalah akibat sebuah keputusan. Ketika mempertahankan Pertamina, pasti ada keputusan berikut alasannya. Bisnis Pertamina di Timor Leste sempat terjadi eskalasi akibat bisnis tidak berjalan sesuai harapan. Sempat terjadi keputusasaan, bahkan tercetus keinginan untuk ditutup. Lalu ada sebuah keputusan, sehingga tetap diteruskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...