Kamis, 27 Desember 2018

Hari “H”: 7 Desember 1975 Reuni 40 Tahun Operasi Lintas Udara di Dili, Timor Portugis

Judul
:
Hari “H”: 7 Desember 1975 Reuni 40 Tahun Operasi Lintas Udara di Dili, Timor Portugis
Penyunting
:
Atmadji Sumarkidjo
Penerbit
:
Kata Hasta Pustaka
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
69
ISBN
:
978-979-1056-66-3
Harga
:
Rp. 115.000
Status
:
Kosong


6 Desember 1975 (Istana Merdeka, Jakarta)

Pukul 08.00 WIB. Presiden Soeharto mengadakan pertemuan resmi dengan Presiden Amerika Serikat Gerald Ford di Istana Merdeka, Jakarta. Pak Harto didampingi oleh Menteri Luar Negeri Adam Malik sementara Presiden Ford didampingi oleh Menteri Luar Negeri Henry Kissinger. Selesai pertemuan itu, dikeluarkan sebuah komunike politik sebagai hasil pertemuan resmi tersebut, yang menyebutkan bahwa banyak masalah bilateral, regional maupun internasional telah dibicarakan dalam pertemuan tersebut. “Presiden Ford antara lain mengemukakan niat pemerintahnya untuk terus memberikan bantuan yang berarti bagi pembangunan Indonesia…,” demikian siaran tersebut.

Sesungguhnya topic yang dibicarakan secara serius dalam pertemuan tersebut adalah situasi di kawasan Asia Tenggara, setelah AS mengalami kekalahan di Vietnam Selatan pada April 1975. Teori “domino” yang menyatakan bahwa ‘bila ada satu Negara nonkomunis di Asia Tenggara jatuh ke tangan komunis, maka negara-negara lain akan jatuh pula’, semakin diyakini bias terjadi. Mulai dari Kamboja yang menyusul jatuh ke tangan Polpot, kemudian bias menyusul Thailand, Burma, Malaysia….

Presiden Soeharto secara khusus juga menjelaskan situasi di Timor Portugis di mana partai-partai kiri agaknya menguasai bekas jajahan Portugis itu sehingga membuat Indonesia tidak mungkin berdiam begitu saja. Tersirat bahwa Indonesia akan menggunakan kekuatan militernya untuk menguasai wilayah itu guna menghindarkan dibentuknya Negara berafiliasi komunis di sana. Kalau itu terjadi, maka bisa-bisa wilayah tersebut menjadi pangkalan Negara asing seperti Uni Sovyet yang sangat strategis karena akan mengubah perimbangan kekuatan di Asia Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...