Minggu, 11 Desember 2016

Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya

Judul
:
Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya
Penulis
:
Dr. Alo Liliweri, M.S.
Penerbit
:
Pustaka Pelajar
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
294
ISBN
:
979-3237-66-x
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Ada

“Kebudayaan adalah komunikasi dan komunikasi adalah kebudayaan”. Demikian kata Edward T. Hall.

Manusia hidup dalam sebuah komunitas yang mempunyai kebijakan tentang sesuatu yang mereka miliki bersama, dan komunikasi merupakan satu-satunya jalan untuk membentuk kebersamaan itu. Komunikasi, seperti dikatakan Robert E. Park, menciptakan atau membuat segala kebimbangan menjadi lebih pasti. Sebuah konsensus dan pengertian bersama di antara individu-individu sebagai anggota kelompok sosial akan mudah menghasilkan tidak saja unit-unit sosial tetapi juga unit-unit kultural dalam masyarakat.

Terjadinya kesenjangan dalam masyarakat acapkali disebabkan oleh datangnya perubahan dari luar. Struktur sosial baru berdasarkan profesi dan fungsi yang lebih rasional mengakibatkan perubahan relasi. Dalam kaitannya dengan komunikasi antar budaya. Perubahan-perubahan yang datang dari dalam maupun dari luar sangat berpengaruh terhadap perubahan relasi antar budaya.

Akibat kontak, interaksi dan hubungan antarwarga masyarakat yang berbeda kebudayaannya, muncullah komunikasi antarbudaya. Jadi sebenarnya tak ada komunitas tanpa kebudayaan, tidak ada masyarakat tanpa pembangian kerja, tanpa proses pengalihan atau transmisi minimum dari informasi. Dengan kata lain. Tidak ada komunitas, tidak ada masyarakat, dan tidak ada kebudayaan tanpa adanya komunikasi. Di sinilah pentingnya kita mengetahui komunikasi antarbudaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...