Jumat, 23 Desember 2016

Integrasi, Kebulatan Tekad Rakyat TIMOR TIMUR

Judul
:
Integrasi, Kebulatan Tekad Rakyat TIMOR TIMUR
Penyusun
:
Soekanto
Penerbit
:
Yayasan Parikesit
Tahun Cetak
:
1976
Halaman
:
714
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 225.000
Status
:
Ada

Kisah perjuangan rakyat melawan penjajahan selalu merupakan kisah menarik dan penuh dengan segi-segi yang perlu dipelajari dan dihayati. Lebih-lebih perju­angan rakyat Timor Tirnur yang sebenarnya merupakan sebagian dari bangsa Indonesia, hingga perjuangannya itupun juga dapat dikatakan sebagai sebagian perjuangan bangsa Indonesia. untuk menyingkirkan penjajahan dari persada Nusantara. Itulah sehabnya Presiden Soeharto juga menyatakan merasa sedih dan bercampur dosa bahwa saudara-saudara sekandung, rakyat Timor Timur hams lebih lama menderita dari pada bangsa Indonesia dibagian lainnya yang 30 tahun lebih dahulu telah dapat menghirup udara kemerdekaan.

Berdasarkan kenyataan-kenyataan historis, geografis, ethnologis dan genealogis, bahkan kenyataan tetap hidupnya aspirasi manunggalnya Timor Timur dengan Indonesia, pada hakekatnya rakyat Timor Timur adalah sebagian rakyat Indonesia. Sejarah Timor Timur adalah sebagian. dari sejarah Indonesia, dan perjuangan rakyat Timor Timur adalah bagian dari rangkaian perjuangan Indonesia. Jelas, bahwa segi seluruh bangsa Indonesia, baik yang berasal dari Timor Timur maupun dari daerah-darah lainnya, mempelajari dan menghayati per­juangan rakyat Timor Timur untuk membebaskan diri dari penjajahan berarti mempelajari dan menghayati perjuangan bangsa sendiri. Hal ini pasti akan memper­tebal kesadaran, kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bertolak dari kenyatan-kenyataan di atas, dan bertujuan untuk lebih memantapkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara itulah, buku "Integrasi" ini disajikan. Namun demikian, realita sejarah tidak boleh diselewengkan. Sebab itu dalam penyusunan buku ini diusahakan untuk dapat dikemukakan data dan fakta sebanyak mungkin, Suatu hal yang sukar bahkan mus­tahil untuk dilakukan tanpa bantuan, dorongan dan fasilitas-fasilitas dari banyak pihak. Baik dari pihak-pihak yang langsung terjun dalam perjuangan tersebut, maupun dari instansi-instansi pemerintah dan swasta. Karena itu kepada semua pihak yang memungkinkan buku ini diterbitkan, penyusun mengucapkan terima kasih se­besar-besarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...