Kamis, 01 Desember 2016

Pola Pengembangan Pertanian Jagung di Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Pola Pengembangan Pertanian Jagung di Nusa Tenggara Timur (Sebuah Kajian Antropolog)
Editor
:
Gregor Neonbasu SVD, Phd
Penerbit
:
Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur & JP II Publishing House
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
228
ISBN
:
978-602-99874-6-1
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong

Buku ini merupakan pengembangan dari Laporan Akhir penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti dari Balitbagda Provinsi Nusa Tenggara Timur yang beranggotakan Selsus Terselly Djese, S. Fil, Drs. Yohanes L. Masman (alm.) dan Melkior I. M. Lenggu, STP. Adapun judul penelitian tersebut adalah “Pendekatan Budaya dalam Pengembangan Teknologi Pertanian Tanaman Jagung di Nusa Tenggara Timur”, (Analisis Khusus Kearifan Lokal dalam Teknologi Tradisional Pertanian Tanaman Jagung pada Masyarakat Rtnis Atoin Meto, Lamaholot dan Rote).”

Dari judul terlihat bahwa lokasi penelitian adalah beberapa kawasan di Nusa Tenggara Timur antara lain Lamaholot mewakili daratan Flores, Atoin Meto mewakili Timor dan Rote sebagai perwakilan untuk pulau-pulau lainnya. Dari perspektif lokasi, sebetulnya ada kelemahan oleh karena penentuan lokasi ini tidak merata, dalam arti tidak mewakili semua daerah di seluruh kawasan Nusa Tenggara Timur. Walau dalam perspektif budaya, hal seperti itu tidak perlu diragukan cakupan perolehan data dari lapangan berkenaan dengan maksud yang ingin dicapai dari penelitian tersebut.

Penelitian ini dapat dilihat sebagai ‘secercah’ pengetahuan akan persoalan tanaman jagung yang dalam masa  periode kepemimpinan Gubernur Frans Lebu Raya, Provinsi Nusa Tenggara Timur dijadikan sebagai Provinsi Jagung, dengan demikian kiranya buku ini memberikan sejumput harapan akan usaha menjadikan ‘pertanian’  tanaman jagung sebagai sesuatu yang memberi nilai tambah dalam rangka mengusahakan ‘kualitas’ kesejahteraan bagi warga masyarakat Nusa Tenggara Timur secara keseluruhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...