Kamis, 19 Juli 2018

Air Minum Kota Kupang Uncover

Judul
:
Air Minum Kota Kupang Uncover
Penulis
:
Noldy Mumu
Penerbit
:
Rafikatama
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
44
ISBN
:
978-602-6850-37-9
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Kota Kupang termasuk salah satu daerah yang belum optimal dalam hal penyelenggaraan pelayanan air minum dari 22 daerah kabupaten/kota di Provinsi NTT. Predikatnya sebagai ibukota provinsi menjadi beban tersendiri karena selalu menjadi sorotan dalam banyak hal terutama berhubungan dengan pemenuhan pelayanan public termasuk didalamnya penyelenggaraan pelayanan air minum.

Sejak Kupang masih merupakan ibu kota Kabupaten Kupang, hingga saat ini menjadi daeraotonom Kota Kupang, penyelenggaraan air minum di daerah ini seakan tidak pernah lepas dari kata ‘belum optimal’. Kata belum optimal ini semakin kompleks seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk secara drastic akibat gencarnya arus urbanisasi sementara ketersediaan air baku terus menyusut.

Adalah sebuah fenomena actual di Kota Kupang hari ini ketika kita menyaksikan hal-hal sebagai berikut; adanya protes pelanggan yang tidak puas akibat pasokan air PDAM yang minim, adanya teriak warga kota yang belum terlayani jaringan pipa PDAM dan terpaksa harus membayar mahal untuk air dari truk tangki komersial.

Sementara itu di sisi lain kita melihat ‘cuek’nya PDAM Kabupaten Kupang yang tetap eksis berbisnis dalam wilayah Kota Kupang, diramaikan lagi munculnya Badan Layanan Umum Daerah Air Minum (BLUD-AM) Provinsi NTT yang seolah tak mau ketinggalan menjadi bagian dari ‘frame’. Harapan penyelenggaraan air minum perpipaan yang ideal di daerah ini ibarat merindukan segarnya embun pagi di siang hari bolong. Inilah fenomena actual penyelenggaraan air minum di Kota Kupang yang selama ini seolah merupakan kemelut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...