Jumat, 20 Juli 2018

Prof. Dr. Ir. H. Johannes Karya dan Pengabdiannya

Judul
:
Prof. Dr. Ir. H. Johannes Karya dan Pengabdiannya
Penulis
:
Drs. Soimun Hp.
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional
Tahun Cetak
:
1984
Halaman
:
137
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


“Jalan ke arah kemakmuran rakyat kita harus akan melalui keteknikan dan perindustrian. Ilmu-ilmu pengetahuan teknik adalah ilmu fisika terpakai, yang azasnya ilmu fisika murni. Maka jalan ke arah kemakmuran itu harus melalui pengetahuan fisika yang luas dan dalam. Sebagai bangsa yang telah merdeka, kita kini mendapat kesempatan untuk maju, tetapi kemajuan itu hanya akan tercapai bila kita segiat-giatnya berusaha memperoleh keahlian yang diperlukan untuk pembangunan negara kita yang muda ini, bila kita belajar dan bekerja dengan cita-cita yang tinggi dengan ketabahan hati dan dengan kerelaan berbakti kepada nusa dan bangsa”.

Kutipan di atas ini adalah bagian penutup yang merupakan kesimpulan pidato Herman Johannes, yang diucapkan pada peringatan Dies Natalis III Universtitas Gajah Mada pada tanggal 19 Desember 1952. Pidato tersebut juga merupakan pidato pengukuhannya sebagai guru besar fisika pada universitas tersebut.

Bertitik tolak dari pemikiran-pemikirannya yang sudah disarikan seperti tersebut di atas, Herman Johannes selalu berusaha menjabarkannya dalam berbagai penelitian dan karya-karyanya. Pemikiranya bukan hanya bidang fisika, tetapi meliputi berbagai bidang yang sukar dicari duanya. Herman Johannes juga seorang pejuang besar. Atas jasa-jasanya yang sanagt besar bagi bangsa dan negara, maka ia telah menerima berbagai penghargaan.

Penulisan biografinya ini bermaksud mengungkapkan seluruh kehidupannya sebagai tokoh yang utuh. Tujuannya agar dapat dijadikan teladan bagi yang lain, terutama bagi generasi muda. Hal ini sebagai salah satu usaha untuk melestarikan nilai-nilai semangat perjuangan, jiwa pengabdian, dan gagasan-gagasan demi kelangsungan hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...