Jumat, 20 September 2019

Dari Negara Indonesia Timur ke Republik Indonesia Serikat

Judul
:
Dari Negara Indonesia Timur ke Republik Indonesia Serikat
Penulis
:
Ide Anak Agung Gde Agung
Penerbit
:
Gadjah Mada University Press
Tahun Cetak
:
1985
Halaman
:
848
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 500.000
Status
:
Kosong


Ketika saya berada di Yogyakarta pada akhir bulan Agustus 1983 untuk menghadiri konperensi sejarah Belanda-Indonesia yang dilangsungkan di Universitas Gadjah Mada, Bapak H.J. Koesoemanto, Direktur Eksekutif Gadjah Mada University Press mendekati saya dan mengajukan suatu permintaan apakah saya bersedia untuk menulis suatu buku mengenai pembantukan Negara Indonesia Timur di tahun 1946 yang mempelopori perwujudan Negara Indonesia Serikat. Buku tersebut akan diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press.
Tawaran tersebut saya terima dengan senang hati sebagai suatu kehormatan, oleh karena dari awal terbentuknya Negara Indonesia Timur sampai dibubarkannya berhubung dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 15 Agustus 1950, saya memainkan peranan politik di dalam kehidupan Negara tersebut dalam kedudukan saya sebagai Menteri Urusan Dalam Negeri dan Perdana Menteri.
Walaupun penulisan tersebut dapat dilaksanakan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang saya miliki karena keterlibatan saya dalam pembentukan dan pemerintahan Negara Indonesia Timur itu, akan tetapi bila buku yang disusun itu disajikan secara ilmiah, maka perlu diadakan peneltian-penelitian yang mendalam untuk mendapatkan bahan-bahan yang dipergunakan sebagai dasar ilmiah penulisan itu.  (Dr. Mr. Ide Anak Agung Gde Agung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...