Selasa, 24 September 2019

Memori Gubernur Kepala Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 1958-1972 Buku II

Judul
:
Memori Gubernur Kepala Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 1958-1972 Buku II
Penulis
:
-
Penerbit
:
Biro Administrasi Umum Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi NTT
Tahun Cetak
:
1972
Halaman
:
462
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Memori untuk satu Propinsi adalah bahan dasar tentang keadaan dan pelaksanaan tugas, yang akan diwariskan pada tiap pejabat pegganti, dan sekaligus menjadi pertanggungjawab yang dinilai untuk masa lama mendatang.
Propinsi muda yang mendapat bantuknya pada tanggal 20 Desember 1958, harus merintih melampaui masa lalu yang diterlantarkan, kemudian hidup dalam kancah politik serba kotak-kotakan di mana dipaksa tunduk pada jalur merah yang sedang digarap, suatu kehidupan politik idiologis yang dipertentangkan, demi dicapainya tujuan meskipun pembangunan harus dikorbankan.
Tahun 1965, Juli 18, hari Sabtu, kami boleh ikut membantu Bapak Gubernur W. J. Lalamentik melalui satu pelantikan sebagai Wakil Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Dr. Sumarno Sosroatmodjo.
Sejak saat ini kami mendambakan untuk menjadi suatu alat yang berguna dalam tangan Gubernur untuk merubah wajah Nusa Tenggara Timur. Gagasan: Jalan – bangun jalan untuk mengurangi isolasi, dan dalam keadaan terbuka, serta berbagai pendekatan membawa masyarakat pada mental membangun, dengan pola ekonomis denken dan ekonomis daad. Bangunan air – tetesan air harus dimanfaatkan melalui pengendalian, penyimpanan, hingga benar-benar menghayati hidup lestari.
Hanya dengan menanam sekali lagi menanam, yang dapat dilakukan oleh tiap orang, Propinsi ini akan bergerak dari Agraris minus ke Agraris plus dan memasuki agraris industriel. Penggalian potensi, di darat, laut, dan perut bumi menjadi bahan penelitian, dan pendidikan yang dikembangkan serta Perguruan Tinggi, merupakan laboraturium yang member kepastian arah dan Karya ilmiah untuk kekaryaan selanjutnya.
Terima kasih kepada: Staf Kantor Gubernur, Anggota Muspida, Pimpinan Dinas/Jawatan serta semua fihak yang telah membantu dalam penyusunan; karena tanpanya, Memori ini pasti tidak ada.
Segala kekurangan, kiranya dapat dilengkapi kelak, karena pelaksanaan pemerintahan yang merupakan seni, banyak membutuhkan perasaan-perasaan yang tidak dapat dinilai dan dilakukan secara systimatis, terlebih nilai kemanusiaan yang sebenarnya tidak dapat didekap oleh Ilmu Pengetahuan, akan tetapi sebaliknya, Pemerintahan dilihat sebagai obyek dari pada Ilmu Pengetahuan, ia harus bersifat terbuka dan mau menerima terhadap kritik yang diberikan demi kemajuan bagi jalannya Pemerintahan itu sendiri.
Dalam doa dan harap biarlah kerja kita menjadi benteng spiritual/materil bagi kebangunan rakyat Indonesia di Propinsi Nusa Tenggara Timur serta memohonkan lindungan, naungan Tuhan yang Maha Esa.
Mudah-mudahan “Memori” ini ada gunanya bagi penilaian, pengembangan Tanah Kesayangan di ufuk timur, Flobamora tercinta.
Dipersembahkan: (Pada: Akhir tugasnya, 7 Juli 1972 Gubernur Kepala Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Cap/ttd  El Tari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...