Jumat, 13 April 2018

Gerakan Pembebasan Nasional Timor Lorosae

Judul
:
Gerakan Pembebasan Nasional Timor Lorosae
Penulis
:
Helen Mary Hill
Penerbit
:
Yayasan HAK dan Sahe Institute for Liberation Dili
Tahun Cetak
:
2000
Halaman
:
256
ISBN
:
978-979-29-0272-3
Harga
:
Rp. 140.000
Status
:
Ada


Gerakan perlawanan Timor Lorosae akhirnya berhasil mengusir keluar penguasa pendudukan Indonesia yang menginvnasi dan menduduki negeri ini mulai Desember 1975. Apa yang membuat keinginan untuk menjadi bangsa yang merdeka bisa bertahan menghadapi rezim militeristis Indonesia yang sangat kuat itu?

Buku ini menelusuri gerakan nasionalis Timor Lorosae, FRETILIN (Frente Revolucionário de Timor Leste Independênte, Front Revolusioner Kemerdekaan Timor Lorosae) dan pendahulunya, ASDT (Associação Social Democrática Timorense, Perhimpunan Demokrasi Sosial Timor) serta kelompok bawah tanah anti-kolonial sebelumnya yang beroperasi di bawah tanah ketika rezim fasis Caetano masih berkuasa. Dengan menyoroti asal-usul, gagasan-gagasan, kebijakan-kebijakan politik, serta metode-metode kerja FRETILIN. Helen Hill, seorang ahli politik asal Australia, mengungkapkan akar-akar kemampuan gerakan pembebasan nasional ini untuk bertahan dan melawan kekuasaan yang jauh lebih kuat darinya.

Buku ini sangat berguna bagi rakyat Timor Lorosae yang menginginkan kemerdekaan total dan lengkap bangsanya. Juga berguna bagi rakyat Indonesia yang selama ini dibuat salah paham mengenai persoalan Timor Lorosae oleh rezim militeristis Orde Baru…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...