Jumat, 07 April 2017

Panduan untuk Menulis Bahasa Helong serta Tata Bahasa Singkat

Judul
:
Panduan untuk Menulis Bahasa Helong serta Tata Bahasa Singkat
Penulis
:
Misriani Balle, S.Pd & Stuart Cameron, M.Sc
Penerbit
:
Unit Bahasa dan Budaya, Kupang (UBB)
Tahun Cetak
:
2012
Halaman
:
54
ISBN
:
978-1-86892-601-5
Harga
:
Rp. 25.000
Status
:
Kosong

Bahasa nasional mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan orang di NTT, tetapi bahasa-bahasa daerah (termasuk bahasa Helong), juga mempunyai peranan yang sangat penting, yang tidak sama dengan peranan bahasa nasional. Untuk masyarakat yang stabil dan maju, kedua-duanya dibutuhkan baik bahasa nasional, maupun bahasa daerah.

Jika kita perlu mengubah kehidupan kita, nilai kerangka kita, atau bertobatlah, maka pesan yang penting haruslah sampai di hati dan batin kita. Bahasa yang terbaik dari untuk suatu pesan hinggap di hati,  adalah bahasa batin kita, yaitu bahasa daerah, yang juga dikenal di bidang ilmu bahasa sebagai ‘bahasa ibu’ (mother tongue), tetapi jika pesan sulit dimengerti, atau bersifat asing atau “barang luar”, kemungkinan agak kecil bahwa pesan tersebut akan mempengaruhi pikiran dan kehidupan kita secara bermakna. Bukan saja mungkin sulit dimengerti, tetapi tidak ada rasa milik juga. Oleh karena itu, untuk hal-hal rohani, kesehatan umum serta bidang-bidang lain, telah dibuktikan secara ilmiah bahwa jauh lebih efektif bila informasi yang penting dikomunikasikan dalam bahasa batin (yaitu bahasa lokal), daripada bahasa nasional.

Panduan untuk Menulis Bahasa Helong serta Tata Bahasa Singkat, disediakan oleh staf ahli UBB untuk kepentingan masyarakat Helong di NTT, dan juga dimaksudkan untuk menolong guru sekolah, pegawai negeri, penyanyi, artis-artis, LSM, petani, serta petugas gereja untuk berkomunikasi secara lebih baik dan efektif, serta siapkan bahan dalam bahasa lokal yang mudah dibaca oleh semua orang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...