Sabtu, 08 Juni 2019

Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar Kabupaten Kupang

Judul
:
Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar Kabupaten Kupang
Penyusun
:
Urias Bait, dkk
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1987
Halaman
:
193
ISBN
:
979-459-003-7
Sumber
:
Download
:


Dalam kehidupan manusia, bahasa merupakan alat utama dalam berkomunikasi. Bahasa itu meliputi dua bentuk, yaitu bentuk bahasa lisan dan bentuk bahasa tulisan. Bentuk bahasa lisan terdiri atas dua kemampuan, yaitu kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan. Bentuk bahasa tulisan pun terdiri atas dua kemampuan, yaitu kemampuan membaca dan kemampuan menulis (mengarang). Jadi, kemampuan berbahasa itu meliputi kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, dan kemampuan menulis.

Berdasarkan hakikat bahasa dan belajar berbahasa, bentuk bahasa lisan merupakan manifestasi bahasa yang pertama dan bentuk bahasa tulisan merupakan manifestasi bahasa yang kedua. Oleh karena itu, hakikat pengajaran bahasa, bahasa lisan diajarkan lebih dahulu dan baru bahasa tulis dengan mengikuti pola reseptif-produktif (Kurikukum SD 1975). Dengan demikian, dapatlah disusun bahan pelajaran bahasa sesuai dengan kegiatan penggunaan bahasa, yaitu mendengarkan dengan aspek ilmu bahasa di dalamnya; berbicara dengan aspek ilmu bahasa di dalamnya; membaca dengan aspek ilmu bahasa di dalamnya; dan menulis dengan aspek ilmu bahasa di dalamnya (Kurikulum SD 1975).

Kemampuan tersebut adalah berbagai jenis kemampuan berbahasa yang perlu dimiliki oleh para murid SD. Keempat kemampuan itu bersifat fungsional bagi pengembangan diri mereka, baik untuk melanjutkan studinya ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi maupun untuk terjun ke masyarakat setelah tamat SD. Oleh karena itu, keempat kemampuan berbahasa itu juga harus merupakan sasaran pengajaran bahasa Indonesia di SD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...