Sabtu, 08 Juni 2019

Sastra Lisan Tetun

Judul
:
Sastra Lisan Tetun
Penyusun
:
I Nyoman Suarjana
Penerbit
:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1995
Halaman
:
222
ISBN
:
979-459-505-5
Sumber
:
Download
:


Beberapa aspek yang turut menghambat pelestarian sastra lisan Tetun adalah tidak adanya pengkaderisasian karena kaum tua sibuk mencari nafkah sehingga kurang perhatian kaum muda terhadap sastra daerahnya sendiri. Juga kurang adanya karya sastra lisan Tetun yang tertulis atau diterbitkan. Terjadinya peperangan, dan berbagai gejolak politik di Timor Timur yang melibatkan beberapa lapisan masyarakat, menjadi trauma yang lama sehingga mereka takut mengungkapkan tradisi budaya mereka secara utuh dan terbuka.

Sikap tertutup semacam itu jelas akan menghambat pembangunan. Terlebih-terlebih dalam era globalisasi, arus informasi menjadi kerangka acuan yang memberi makna serta pedoman yang lebih konkret bagi kehidupan kebudayaan masyarakat.

Nilai-nilai budaya, norma-norma sosial, dan pandangan hidup itu sebagai abstraksi pengalaman, pemikiran, dan umpan balik yang dikembangkan masyarakat dalam proses adaptasi terhadap lingkungan. Hal itu perlu segera dipercepat untuk memberikan kebanggaan yang dapat memperkukuh kepribadian masyarakat setempat. Dasar-dasar kepribadian masyarakat itu terdapat pada akar-akar kebudayaan mereka yang diwujudkan dalam tradisi budaya berupa dongeng-dongeng dan cerita rakyat asli lainnya. Keberadaan cerita-cerita itu tidak saja sebagai penjalin komunikasi, tetapi juga mempunyai arti yang sangat dalam, sesuai dengan fungsinya untuk mengungkapkan cita rasa, pikiran, dan makna kehidupan sosial budaya masyarakat setempat. Oleh karena itulah, penelitian sastra lisan Tetun ini dilakukan agar dipahami oleh masyarakat luas. Lebih lanjut diharapkan akan dapat memberi sumbangan yang positif terhadap perkembangan sastra Indonesia.

Berdasarkan uraian latar belakang yang cukup singkat itu penelitian sastra lisan Tetun ini akan diungkapkan mengenai gambaran umum masyarakat dan sastra lisan Tetun, seperti jenis cerita, kedudukan dan fungsi cerita, analisis terjemahan sastra lisan Tetun, dan dilampirkan teks cerita lisan Tetun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...