Selasa, 18 Juni 2019

Sanitasi di Indonesia Timur, Keberlanjutan dan Inovasi Kebijakan

Judul
:
Sanitasi di Indonesia Timur, Keberlanjutan dan Inovasi Kebijakan
Penulis
:
Anggun Trisnanto
Penerbit
:
UB Press
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
139
ISBN
:
978-602-432-407-0
Harga
:
Rp. 120.000
Status
:
Ada


Bagi pengkaji kebijakan, buku ini akan memberikan inspirasi dan sekaligus informasi di dua hal. Pertama, sebuah kebijakan akan bertahan lama apabila ada upaya diluar teknokrasi (policy making process). Kedua, keberlanjutan sebuah program (sustainability) bergantung tidak hanya pada komitmen legal-formal tetapi bias juga bergantung pada inovasi kebijakan. Di aras ini, inovasi ditengarai sebagai sebuah breakthrough dari kejumudan situasi yang memerlukan sebuah langkah cepat dan strategis.

Studi kasus sanitasi di NTT dan Papua yang dipaparkan dalam buku ini mewakili kedua poin di atas. Awalnya, keberlanjutan program dilihat dari elemen teknis dalam lima aspek FIETS (Financial, Institutional, Enviromental, Technical dan Social). Namun, penelitian lapangan yang telah dilakukan mengarah kepada temuan bahwa aspek teknis FIETS ternyata beriringan dengan ditemukannya inovasi kebijakan di aras komunitas local di mana ini adalah titik cerah untuk replikasi program serupa di daerah lain.

Tetapi, harus penulis akui bahwa tantangan perbedaan budaya, kondisi geografis, infrastruktur pendukung dan kapasitas aparatur negara adalah hal-hal yang masih menjadi bottle-neck dari program pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...