Sabtu, 08 Juni 2019

Marfologi dan Sintaksis Bahasa Blagar

Judul
:
Marfologi dan Sintaksis Bahasa Blagar
Penyusun
:
Wakidi, dkk
Penerbit
:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1990
Halaman
:
172
ISBN
:
979-459-0975
Sumber
:
Download
:


Bahasa Blagar adalah salah satu bahasa daerah di antara tiga belas bahasa daerah yang terdapat di Kepulauan Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Ke tiga belas bahasa / daerah / itu (Peta 1) adalah (1) bahasa Alor, (2) bahasa Lemma. / (3) bahasa / Tewa, (4) bahasa Blagar, (5) bahasa Nedebang, / (6) / bahasa / Kelan, (7) bahasa Kabola, (8) bahasa Kui atau Kiraman, (9) bahasa Kafoa, (10) bahasa Abui, (11) bahasa Woisika, (12) bahasa Kolana, dan (13) bahasa Tanglapui (Stokhof, 1982 : 64).

Wilayah persebaran bahasa Blagar ini tidak begitu / luas, yaitu di sebagian besar dari beberapa desa di kecamatan Pantar dan sebagian kecil di kecamatan Alor Barat Laut. / Desa-desa yang merupakan wilayah persebaran bahasa Blagar di kecamatan Pantar adalah desa Batu yang meliputi tiga kampung, yaitu Tuabang, Bikolang, dan Kolijahe. Desa Nule yang meliputi /dua
kampung, yaitu Nuhawala dan Treweng. Wilayah perscbaran bahasa Blagar di kecamatan Alor Barat Laut di desa Reta dan Pura.

Bahasa Blagar ini mempunyai tiga macam dialek (Peta 2) yaitu dialek Kolijahe, Pura, dan Reta. Perbedaan dialek ini / hanya terjadi dalam kosa kata atau leksikolek saja, dan itu pun hanya terbatas pada beberapa kata saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...