Rabu, 22 April 2020

Di Kaki Ina Bo'i

Judul
:
Di Kaki Ina Bo'i
Penulis
:
Sipri Senda
Penerbit
:
Perkumpulan Komunitas Sastra Dusun Flobamora Kupang
Tahun Cetak
:
2019
Halaman
:
83
ISBN
:
Harga
:
Rp.
Status

Kosong


Buku antologi puisi karya penyair Sipri Senda ini berisi 62 judul puisi. Ada puisi yang pendek, ada yang sedang, ada pula yang panjang. Ada puisi yang disusun dalam bentuk bait, ada yang disusun dalam bentuk narasi yang tidak terikat pada bait. Sebagian besar baris puisi dimulai dengan huruf besar (kapital), tetapi ada terselip beberapa puisi yang ditulis dengan huruf kecil semua (halaman 56-59). Variasi-variasi penyusunan bentuk puisi ini, sepertinya bukan kesengajaan untuk menunjukkan kekhasan, tetapi karena disusun begitu saja. Terselip juga kesalahan ejaan.

Sebagian besar puisi dalam buku ini ada kolofonnya, namun ada pula yang tidak. Kolofon adalah keterangan tempat, hari, tanggal, waktu penciptaan atau kelahiran sebuah puisi. Biasanya dicantumkan di bagian akhir puisi. Sayangnya, penulisan sejumlah kolofon itu tidak seragam. Misalnya keterangan tentang bulan, ada yang ditulis dengan huruf, misalnya April, ada yang ditulis angka 4.

Puisi-puisi yang ada dalam buku ini mengangkat beragam tema atau topik. Kalau tema yang diangkat yang berkaitan dengan masalah-masalah keseharian, makna puisi gampang ditangkap. Juga puisi yang disusun mirip doa, gampang ditangkap maksudnya. Namun, kalau tema yang diangkat bersifat abstrak, misalnya tentang kemanusiaa, keadilan, keilahian, isi puisi agak berat ditelisik maknanya. Ini kesan pembacaan saya.

Atas dasar kesan pembacaan tersebut, saya setuju dengan pendapat Yasintus Runesi di bagian akhir Prolognya. Yasintus menulis: "... seperti apa kekuatan perubahan yang ditawarkan oleh puisi-puisi dalam kumpulan ini, tidak bisa dipastikan di sini. Mengapa? Karena membaca puisi dan menemukan makna di baliknya adalah pengalaman subjektif" (halaman 20).

Penyair Sipri Senda adalah seorang imam Katolik di Keuskupan Agung Kupang, NTT. Ditahbiskan pada 4 Oktober 1999. Di samping sebagai dosen di Fakultas Filsafat Unwira Kupang, juga menjadi pembina para frater di Seminari Tinggi St. Mikhael Kupang. Sipri juga sebagai pembina Komunitas Sastra Filokalia Seminari Tinggi St. Mikhael Kupang. Karya sastra yang telah diterbitkan menjadi buku adalah "Fatamorgana Langit Sabana" (puisi) dan "Katuas Gaspar" (cerpen). * (Yohanes Sehandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...